Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Statistika Kelas VIII SMP Negeri 5 Comal
Keywords:
statistic, concept understandingAbstract
This study aims to analiyze students ability to understand mathematical concepts. This research is explorative research. This study uses a quatitative methode . this research was conducted at Comal 5 Junior High school for the 2022/2023 academic year in class VIII C. The data collection techniques in this study was observation and test of students ability to understand mathematica concepts. The concept understanding ability test carried out in this study consisted of 5 essay questions. Data from the research results based on each category of ability to understand concepts, for the very high category get a percentage of 86%, the high category is 7%, and the medium category is 7%. So it was concluded that the majority of students’ ability to understand mathematical concepts was in the very high category.
References
Fajar, P. A., Kodirun., Suhar., Arapu, L.2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, vol.9, No.2, Juli 2018: 299-239
Kesumawati, Nila. 2008. Pemahaman Konsep Dalam Pembelajaran Matematika. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika. Diselenggarakan oleh FKIP Program Studi Pendidikan Matematika. Universitas PGRI Palembang, hlm 230
Kirana, A dan Nur, I.R.D. 2022. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Education . Vol. 8, No. 1, 2022, PP 274-285 ISSN: 2459 – 9522 (print), 2548 – 6756 (Online).
Pujiati, K., Amannudin, M., dan Wannabuliandri, S. 2018. Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IV SDN 3 Gemulung Pada Materi Pecahan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 1, No.1, April 2018. P – ISSN : 2615 – 4196, e – ISSN : 2615 – 4072.
Zuliana, E. 2017. Penerapan Inquiry Based Learning Berbantuan Peraga Manipulatif Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Geometri Mahasiswa PGSD Universitas Muaa Kudus. Jurnal Pendidikan, 8 (1) : 35-47
Afrilianto, M. 2012. Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematika Siswa SMP Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity,1 (2) : 192 – 202
Annajmi. 2016. Peningkatan kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa SMP Melalui Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Geogebra. MES ( jurnal of Mathematics Education and Science), 2 (1) : 1- 9
Khaeron dan Nopriyani, E. 2018. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas V SD/MI Pada Pokok Bahasan Sistem Koordinat. AULADUNA : Jurnal Pendidikan Dasar Islam. Vol 5, No. 1, Juni 2018. P – ISSN : 2407 – 2451, e- ISSN: 26 – 210282. http://doi.org/10.24252/auladuna.v5ila7.2018
Depatemen Pendidikan Nasional. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi sekolah Dasar. Jakarta. Depdiknas
Prasasti, D., Awalina, F.m., dan Hasan, U.U., 2020. Permasalahan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pelajaran Matematika Kelas 3 Semester 1. Manazhim : Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan. Vol. 2, No.1, Febuari 2020 : 45 – 53 . https://journal.stitpn.ac.id/index.php/manazhim
Purwaningsih, S.W., dan Marlina, R. 2022. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 5, No. 3, Mei 2022. ISSN 2614-221X (print), ISSN 2614-2155 (Online). Doi 10.22460/jpmi.v5i3.639-648
Kamila, Nur. 2014. Hubungan Antara Nilai Tugas (Task Value) Materi Kuliah Psikodiagnistik Dengan Orientasi Tujuan Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Ilmu Pendidikan. Universitas Pendidikan Indonesia. Universitas Indonesia Repositiry.up.edu.
Musrifah, A.U. 2022. Hubungan Pengalaman Nilai-Nilai PAI Dengan Motivasi Mendesain Busana Muslim Siswa Kelas XI Tata busana SMK N 1 Sewon Bantul. LeTIRE. Vol. 1 (1) 2022
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nurul Choiriyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.