Pembentukan Karakter melalui Pembelajaran Kalkulus Berbasis I-SETS (Islamic Science Environment Technology and Society) di Masa Pandemi
Keywords:
Kalkulus, Karakter, Pandemi, SETSAbstract
Pembelajaran berbasis I-SETS (Islamic Science Environment Technology and Society) dapat membentuk karakter yang islami. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pembentukan karakter islami mahasiswa dalam pembelajaran kalkulus berbasis I-SETS pada masa Pandemi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dimana data primer diperoleh dengan menyebarkan kuesioner. Penelitian ini menggunakan sebanyak 26 sampel, yaitu mahasiswa jurusan tadris matematika. Hasil mengungkapkan bahwa pembelajaran kalkulus dapat membantu siswa mengembangkan kepribadian yang religius, jujur, disiplin, dan bertanggung jawab secara positif dan efektif. Sehingga, di masa pandemi, mampu mendongkrak aktivitas belajar matematika.
References
Aprianingtyas, M., & Sumadi, S. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran SETS (Science, Environment, Technology, And Society) terhadap Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Tekanan. Compton: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(2).
Fatimah, S., & Mahmudah, U. 2020. How E-Learning affects Students’ Mental Health during Covid-19 Pandemic: n Empirical Study. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 114–124. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.41991
Hasanah, U., & Deiniatur, M. 2020. Character Education in Early Childhood based on Family. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 2(1), 29–42.
Hendriana, Evinna Cinda & Jacobus Arnold. 2016. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah melalui Keteladanan dan Pembiasaan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 1(2), 25–26. Prodi Pendidikan PGSD STKIP Singkawang, Kalbar.
Indriyani, I., Rizqi, U., & Mahmudah, U. 2020. Bagaimana Kreativitas dan Keaktivan Mahasiswa Mempengaruhi Pemahaman Materi Abstrak Matematika Melalui E-Learning. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 4(2), 112–131.
Wiyani, N. A. 2020. Implementation of A Character Education Strategy in the Perspective of Permendikbud Number 23 of 2015 at Raudhatul Athfal. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 6(02), 141–152.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.