Pengaruh Minat Belajar dan Frekuensi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Islam Pekalongan

Authors

  • Fatmah Nur Hidayah IAIN Pekalongan
  • Santika Lya Diah Pramesti IAIN Pekalongan

Keywords:

Minat, Frekuensi, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan frekuensi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Islam Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif tipe studi korelasi menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Islam Pekalongan tahun ajaran 2020 sebanyak 53 siswa. Teknik pengambilan sampelnya yaitu random sampling sehingga jumlah sampelnya 47 siswa, dengan metode pengumpulan datanya yaitu metode angket dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan uji korelasi product moment kemudian dilanjutkan uji regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh regresi linear gandanya adalah F hitung > F tabel dengan 1,843 < 3,20. Melalui hasil penelitian serta pembahasan dalam analisis data disimpulkan bahwa: (1) Minat belajar siswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematikasiswa kelas X SMA Islam Pekalongan dengan nilai hitung t hitung -1,473 > t tabel 2,01174 dan Taraf sig. 0,148 > 0,05, (2) Frekuensi belajar siswa tidak mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Islam Pekalongan dengan nilai hitung t hitung1,918 > t tabel 2,01174 dan Taraf sig. 0,062 > 0,05, (3) Minat belajar dan frekuensi belajar siswa tidak berpengaruh terhadap hasil belajar matematikasiswa kelas X SMA Islam Pekalongan, berdasarkan hasil uji F dimana F hitung1,843 > F tabel 3,20 dan Taraf sig. 0,170 > 0,05.

Author Biography

Santika Lya Diah Pramesti, IAIN Pekalongan

  1.  

References

Hartina, Tika Mahrus Mahrus, dan Gito Hadiprayitno. 2019. Analisis Pengaruh Frekuensi Belajar di Luar Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Science Education Journal, Vol. 3 No. 1.

Hendriana, Heris, Euis Eti Rohaeti, dan Utari Sumarno. 2018. Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Nurhasanah, Siti dan A. Sobandi. 2016. Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, Vol. 1 No. 1.

Rozikin, Slamet Hermansyah Amir, dan Salastri Rohiat. 2018. Hubungan Minat Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kimia di SMA Negeri 1 Tebat Karai dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kimia, Vol. 2 No. 1.

Yueni, Dwi Ratna. 2018. Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Aljabar pada Siswa SMP Kelas VII. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Downloads

Published

2021-12-22

How to Cite

Nur Hidayah, F., & Pramesti, S. L. D. . (2021). Pengaruh Minat Belajar dan Frekuensi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Islam Pekalongan. SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 1, 389–403. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/282

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>