Eksplorasi Etnomatematika pada Jajanan Tradisional Suku Sasak dalam Perspektif Geometri
Keywords:
ethnomathematics, snacks, Sasak tribe, geometryAbstract
Etnomatematika adalah matematika yang tumbuh dan berkembang dalam kelompok budaya tertentu. Hubungan antara matematika dan budaya dapat ditemukan dalam aspek kehidupan, salah satunya adalah jajanan tradisional suku Sasak. Jajanan tradisional suku Sasak memiliki nilai budaya yang tinggi dan menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari masyarakat suku Sasak di Lombok. Beberapa jajanan tradisional yang beredar di masyarakat suku Sasak secara fisik dapat ditemukan dalam konsep matematis seperti bentuk ruang dan geometri datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi jajanan tradisional suku Sasak dari perspektif geometris melalui pendekatan etnomatematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Observasi dan wawancara dilakukan dengan para pedagang dan masyarakat Sasak untuk mendapatkan pemahaman tentang jajanan tradisional tersebut terkait dengan konsep geometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat etnomatematika pada beberapa jajanan tradisional suku Sasak berupa konsep geometris, seperti konsep ruang bangunan pada jajanan tradisional cerorot, abuq, dan kue lekong. Selain itu, terdapat konsep bangunan rumah susun pada jajanan tradisional lupis dan poteng jaje tujak.
Kata Kunci: etnomatematika, jajanan, suku Sasak, geometri
References
Fauzi, Asri., dkk. 2020. Etnomatematika : Eksplorasi Budaya Sasak sebagai Sumber Belajar Matematika Sekolah Dasar. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 5(1), 10. https://doi.org/10.15642/jrpm.2020.5.1.1-13
Fijriyah, A. R. 2018. Using role play technique in improving speaking skill of the eleventh-grade student of SMA Negeri 1 Sooko Mojokero. Journal on English Language and Literature (JELL). 5(1), 25-35.
Karimah, U., & Dewi, Heni L. 2022. Eksplorasi Etnomatematika dalam Tradisi Syawalan Gunungan Megono dan Implementasinya pada Pembelajaran Matematika SMP Kelas IX. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 2, 363–374. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/1149
Karimah, U., Sholekhah, S., & Rini, J. 2021. Implementasi Etnomatematika Tradisi Syawalan Getuk Lindri Ambokembang dalam Pembelajaran Matematika. SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 1, 337–351. https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/370
Krober, A. L. & Kluckhon, C. 1952. Culture: A critical review of concepts and definitions. Papers of the Peabody Museum of American Archaeology and Ethnology, Harvard University, 47(1), 1-25. https://peabody.harvard.edu/publications/culture-critical-review-concepts-and-definitions
Marsigit. 2016. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomataematika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sepianawati, N. M. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Bandung: PT Refika Aditama.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Suherman. 2001. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syafa’at, Firman, Khoirotunnisa, Fadhilah, Nurul & Sholikhah, Alimatus. 2021. Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Balo-Balo pada Prosesi Mantu Poci Tegal. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 32. https://doi.org/10.28918/circle.v1il.3535
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Diana Zulfa, Kharisma Alfi Noviana, Halimatus Sofiyah, Santika Lya Diah Pramesti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.