Persepsi Mahasiswa Pertukaran Terhadap Pelaksanaan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM)

Authors

  • Adit Nabuasa Universitas Nusa Cendana
  • Irna Karlina Sensiana Blegur Universitas Nusa Cendana

Keywords:

Persepsi, Pertukaran Mahasiswa Merdeka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi mahasiswa pertukaran terhadap pelaksanaan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan angket penelitian. Angket disebarkan menggunakan google form yang terdiri dari 25 pernyatan positif dengan skala likert 1-4 (kategori sangat setuju, setuju, tidak setuju, sangat tidak setuju). Adapun angket mengukur 6 aspek meliputi wawasan, sosial, minat dan kemandirian belajar, efektivitas perkuliahan, komunikasi dan kolaborasi, dan percaya diri. Angket diberikan kepada 36 mahasiswa yang mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Teknik analisis data meliputi: 1) menghitung skor kumulatif dari setiap responden, 2) menghitung indeks penilaian dari masing-masing responden, 3) mengkategorikan hasil indeks penilaian berdasarkan tabel kriteria. Hasil penelitian menunjukan bahwa program PMM memberikan banyak manfaat positif untuk mahasiswa. Mahasiswa setuju bahwa pelaksanaan PMM berkontribusi positif terhadap aspek-aspek: wawasan, sosial, minat dan kemandirian belajar, efektivitas perkuliahan, komunikasi dan kolaborasi, dan percaya diri.

References

Agustini, M., Jamaludin, U., & Bahrudin, F. A. (2023). Peran Modul Nusantara terhadap Proses Adaptasi Mahasiswa Selama Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 5(2), 165-175.

Anggraini, S., Palupi, A., Hadi, K., & Arsyad, A. T. (2022). Analisis dampak program pertukaran pelajar merdeka belajar kampus merdeka terhadap mahasiswa internal. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial e-ISSN, 2745, 5920.

Anwar, R. N. (2022). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara Dalam Peningkatan Sikap Toleransi Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 646-655.

Christanti, Y. D., & Anwar, R. N. (2019). Relationship Of Academic Procrastination With Intelligence Of Milenial Spiritual Generation. Jurnal Pedagogik, 6(1), 31-65.

Ebel, R. L., & Frisbie, D. A. (1991). Essentials of educational measurement (5th ed.). New York, NY: Prentice Hall.

Faiz, A., & Purwati, P. (2021). Koherensi Program Pertukaran Pelajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan General Education. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 649-655.

Fatimah, D., Isfiaty, T., Dharmawan, C., Derwentyana, R., & Maharlika, F. (2022). Penguatan Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Program Studi Desain Interior-Universitas Komputer Indonesia. Jurnal Pendidikan, 10(2), 189-198.

Hanipah, R., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2022). Penguatan Karakter Cintah Tanah Air Melalui Pemahaman Wawasan Kebangsaan Abad 21. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 678-683.

Malau, I. S., Panggabean, M. N., & Siahaan, M. M. (2023). Penanaman Bibit Mangrove oleh Mahasiswa PMM 2 Universitas Trunojoyo Madura pada Kontribusi Sosial di Desa Labuhan Sepuluh Bangkalan. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(3), 3722-3730.

Nabuasa, A., & Blegur, I. K. S. (2022). Pengalaman Mengikuti Pertukaran Mahasiswa Lintas Prodi di Lingkungan Universitas Nusa Cendana. Haumeni Journal of Education, 2(2), 9-15.

Naiborhu, F., & Panjaitan, S. M. (2023). MEMPERKAYA PENGALAMAN BELAJAR MELALUI PROGRAM PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA (PMM) 2022 DI UNIVERSITAS PATTIMURA KOTA AMBON. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 6(1), 29-37.

Pasaribu, M. S., Manurung, R. L., Farasi, D. R. D. S., & Panjaitan, S. (2023). Eksplorasi Ragam Budaya dalam Pertukaran Mahasiswa Merdeka Guna Mempertebal Toleransi. Journal on Education, 5(4), 14804-14812.

Purba, F. Y. B., Sinaga, T. Y., & Pinayungan, A. L. (2023). Peran Mata Kuliah Modul Nusantara dalam Meningkatkan Wawasan Kebhinekaan Mahasiswa melalui Kegiatan Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Journal on Education, 5(4), 14247-14254.

Ramadhani, A. E., Septia, A. Y., Wijayanti, R., & Septianingtias, A. (2021). Pengelolaan Diri Sebagai Upaya Membangun Kerja Sama Dalam Pertukaran Pelajar di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 71-84.

Sopiyandi, R., Citra, F. W., & Dihamri, D. (2023). Analisis Potensi Minat Belajar Mahasiswa Pendidikan Geografi melalui Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Inbound Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Georafflesia: Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi, 8(2), 144-148.

Sormin, E., Sitohang, P., & Nainggolan, J. (2023). KEGIATAN PERTUKARAN MAHASISWA MERDEKA 2 DI INSTITUT TEKNOLOGI KALIMANTAN. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 3200-3205.

Windiatmoko, D. U. (2020, January). Eksistensi Mata Kuliah Budaya Nusantara Untuk Menunjang Budaya Literasi Dan Nilai Kearifan Lokal. In Prosiding SNP2M (Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat) UNIM (No. 2, pp. 161-167).

Downloads

Published

2024-11-04

How to Cite

Nabuasa, A., & Blegur, I. K. S. (2024). Persepsi Mahasiswa Pertukaran Terhadap Pelaksanaan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). SANTIKA : Seminar Nasional Tadris Matematika, 4, 162–176. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/santika/article/view/santika42412