Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Teknik Creative Visualization terhadap Tingkat Kemampuan Geometri Siswa SMP Islam Wonopringgo
Keywords:
Creative Visualization, geometri, teorema Pythagoras, Van HieleAbstract
Kesulitan siswa dalam memahami konsep geometri, khususnya pada materi teorema Pythagoras maupun pada materi bangun datar dan bangun ruang, mendorong perlunya inovasi dalam metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh pembelajaran matematika berbasis pemecahan masalah dengan teknik Creative Visualization terhadap peningkatan kemampuan geometri siswa kelas VIII SMP Islam Wonopringgo, berdasarkan teori Van Hiele. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara purposive, yaitu kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran dengan teknik Creative Visualization dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan geometri berdasarkan lima tahap berpikir Van Hiele. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam peningkatan kemampuan geometri antara kedua kelompok. Siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih signifikan, terutama pada tahap analisis dan deduksi informal. Dengan demikian, teknik Creative Visualization terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan geometri siswa dan dapat dijadikan metode alternatif dalam pembelajaran geometri.
References
Abubakar, R. 2021. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
Amir, Zubaidah. 2015. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
As'ari, Z., A., R., Mohammad Tohir, dkk. (2017). Buku Guru Matematika Kelas VIII SMP/MTs Semester 2, Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Cesaria, Anna dkk. 2021. Level Berpikir Geometri Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Elemen, 7(2).
Chomaidi, Salamah. 2018. Pendidikan dan Pengajaran Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: PT. Grasindo.
Depdiknas. 2006. Standar Isi Mata Pelajaran Matematika Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Fauziana, Sartika Putri. 2017. Kepemimpinan Efektif Kepala Sekolah di Taman Kanak-Kanak Assalam 1 Sukarame Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.
Festiawan, R. 2020. Belajar dan Pendekatan Pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman.
Gawain, S. 1978. Creative Visualization: Use the Power of Your Imagination to Create What You Want in Your Life. California: Whatever Pub.
Hayati, Puji. 2015. Analisis Tingkat Keterampilan Geometri Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele Ditinjau dari Kecerdasan Spasial Siswa Kelas IX SMP Negeri 4 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Hedriana, H., Roehaeti, E. E., & Sumarno, U. 2017. Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: PT. Revika Adi Tama.
Hermosisima, M. V. C., & Sunga, D. L. 2016. Fostering better learning of science concepts through creative visualization. The Normal Lights.
Hidayat, Eneng Indriyani Fitri, dkk. 2020. Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1).
Kesumawati, N. 2008. Pemahaman konsep matematik dalam pembelajaran matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3).
Khalishah, N., & Nalim, N. (2022, September). Studi etnomatematika konsep geometris dalam kearifan budaya lokal batik pekalongan. In SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika (Vol. 2, pp. 390-400).
Lusyana, E., & Lestari, T. K. 2022. Pengembangan Pembelajaran Matematika SMK Menggunakan Teori Van Hiele. Pasaman Barat: CV. Azka Putra.
Maryanti, I., Wahyuni, S., & Panggabean, E. M. 2017. Pengaruh Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di FKIP UMSU. JURNAL Mathematic pedagogy, 2(1).
Maryati, I. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).
Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. 2019. Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1).
Muarifah, Abidatul. 2016. Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Segiempat Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Universitas Negeri Semarang.
Muhassanah, N. 2014. Analisis Keterampilan Geometri Siswa dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(1), 55.
Mushofa, L., Sunismi, S., dkk. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele pada Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas XII MAN 2 Pasuruan. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 16(32).
Mushofa, Laila. 2022. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele pada Materi Dimensi Tiga Siswa Kelas XII MAN 2 Pasuruan. Universitas Islam Malang.
Nalim, N., & Salafudin, S. (2012). Statistika deskriptif. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Nalim, N., Pramesti, S. L. D., & Afriani, F. (2022). The Effect of The Use of Geogebra on Understanding in Analytical Geometry Course. Hipotenusa: Journal of Mathematical Society, 4(1).
Noer, S. H. 2011. Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal pendidikan matematika, 5(1).
Nurfadilah, S., & Hakim, D. L. 2019. Kemandirian belajar siswa dalam proses pembelajaran matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1).
Nuryadi, Tutut, D.A., dkk. 2017. Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku media.
Oktavia, M., Prasasty, A. T. dkk. 2019. Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test. Simposium Nasional Ilmiah & Call for Paper Unindra (Simponi), 1(1).
Pianda, D., & Darmawan, J. 2018. Karya Guru Inovatif yang Inspiratif. Sukabumi: CV Jejak.
Pratiwi, Hartika. 2015. Penerapan Model Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) dengan Multimedia untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika tentang Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SDN 2 Tamanwinangun Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Puryadi, Bambang, S., dkk. 2017. Penerapan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2).
Rahmah, N. 2017. Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2).
Rahmawati, dkk. 2022. Analisis Tingkat Berpikir Geometri Siswa Menurut Teori Van Hiele Ditinjau dari Gaya Belajar. JCAR, 4(1).
Roberts, J. C, et al. (2022). Reflections and considerations on running creative visualization learning activities. Proceedings of the 4th IEEE Workshop on Visualization Guidelines in Research, Design, and Education, 23–30. Institute of Electrical and Electronics Engineers
(IEEE). https://doi.org/10.1109/VisGuides57787.2022.00009
Rohman, Harun Abdul dkk. 2021. Berpikir Geometri Level Visualisasi Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Topik Segiempat Menurut Teori Van Hiele. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(3).
Salafudin & Nalim. 2014. Statistik Inferensial. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.
Sani, Abdullah Ridwan. 2019. Pembelajaran Berbasis HOTs (Higher Order Thinking Skills). Tangerang: Tira Smart.
Sari, Eka Purnama. 2015. Efektifitas Teknik Visualisasi Kreatif dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Altruisme Siswa di SMA Negeri 1 Enrekang. Universitas Negeri Makassar.
Sari, R., P. 2017. Pengaruh Disiplin dan Pengawasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di Primkopkar "Manunggal" Damatex-Timatex Salatiga. Universitas Kristen Satya Wacana.
Sianturi, R. 2022. Uji Homogenitas sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, dan Agama, 8(1).
Sintawati, Mukti & Mardati, Asih. 2022. Modul Bangun Ruang Sisi Datar: Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Mahasiswa PGSD. Universitas Ahmad Dahlan.
Sriyanto. 2019. Mengobarkan Api Matematika Membelajarkan Matematika yang Kreatif dan Mencerdaskan. Sukabumi: CV Jejak.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, H. A. 2019. Pemahaman Pemecahan Masalah Gaya Kognitif. Yogyakarta: Deepublish.
Syamsidah, S., Hamidah Suryani, H., Ratnawati T, R. T., & Anas Arfandi, A. A. 2018. The Effectiveness of Problem-Based Learning Models in Improving Students Scientific Thinking Skills. The Effectiveness of Problem-Based Learning Models in Improving Students Scientific
Thinking Skills, 3(10).
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Wahyudi, & Kriswandani. 2013. Pengembangan Pembelajaran Matematika. Salatiga: Widya Sari.
Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Zainal, Zaid. 2020. Peringkat Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele: Suatu Desain Video Pembelajaran Geometri. Gowa: Global RCI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Gangga Bramantya Pradana, Nalim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.