Implementasi Kemampuan Membaca Melalui Boneka Jari Pada Anak Usia Dini
Keywords:
Media Boneka Jari, Kemampuan Berbicara.Abstract
Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan membaca anak usia dini di Pos Paud Kenanga Kemplong dengan adanya Implementasi media boneka jari.Subyek penelitian ini adalah anak Pos Paud Kenanga Kemplong dan guru kelas Pos Paud Kenanga Kemplong. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/simpulan. Hasil penelitian Implementasi media boneka jari dalam mengembangkan kemampuan membaca anak usia dini di Pos Paud Kenanga Kemplong menunjukkan bahwa anak lebih aktif ketika kegiatan pembelajaran terutama kegiatan membaca dengan media boneka jari. Guru lebih mudah berinteraksi dengan anak ketika menggunakan media boneka jari sebagai penunjang dalam proses kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hampir semua anak sudah berkembang kemampuan membacanya dan hanya sedikit sekali anak yang masih perlu banyak bimbingan guru dalam membaca ketika bercerita.