Strategi Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Pra Menulis pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Kenanga

Authors

  • Aini Mufidatul Jannah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

stimulasi, keterampilan pra menulis,anak usia dini

Abstract

Menurut seefeld, pra menilis adalah kemampuan anakmengungkapkan diri dalam bentuk tertulis mulai dari corat-coret dan menggambar sampai ke mendekati bentuk huruf dan kata-kata. Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan pada stimulasi kemampuan pra menulisatau menulis permulaan anak usia 3-4 tahun di PAUDKenanga Kemplong.Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber datapenelitian ini meliputi kegiatan pembelajaran yangberkaitan dengan stimulasi kemampuan menulis permulaan anak, guru kelas PAUD Kenanga Kemplong sebagaiinforman, hasil dan proses anak PAUD KenangaKemplong melakukan indikator kemampuan menulispermulaan, dan dokumen (RPPM, RPPH, dokumentasipembelajaran, penilaian, dan dokumen hasil karya).Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi mendalam, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut, dalam menstimulasikemampuan menulis permulaan anak melalui dua tahapan yaitu pada saat semester satu dan semester dua. Pertama, pada saat semester satu anak diajarrkan dengan kegiatanpra menulis untuk melatih motorik halusnya.Kedua, pada saat semester dua anak diajarkan perkembangan bahasanya seperti kegiatan pra menulis .kegiatan yang dilakukan anakmeliputi menirukan menulis huruf,fingerpainting,menuliskan nama sendiri,dll.

Downloads

Published

2024-07-31

How to Cite

Aini Mufidatul Jannah. (2024). Strategi Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Pra Menulis pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Kenanga. SINAU Seminar Nasional Anak Usia Dini, 1(1), 485–493. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/sinau/article/view/2427