Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Model Pembelajaran Buku Cerita

Authors

  • Lisa Nurfadillah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

peran guru, membaca , anak usia dini, buku cerita

Abstract

Jenis penelitian yang telah dilakukan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan pendekatan observasi yang memberikan hasil seperti data,tulisan serta cara kerja yang diamati dari fenomena yang telah dilakukan dari subjek penelitian yang mengamati perilaku , persepsi serta motivasi tindakan secara holistik melalui cara deskripsi atau kata kata  dan berbahasa yang terlihat suatu konteks khusus dan alamiah. Anak usia dini memiliki perkembangan minat membaca yang lebih cenderung aktif atau lebih tertarik bermain di dalam kelas , sehingga kefokusan anak terpecah pada saat kegiatan membaca . Penelitian ini mendeskripsikan peran seorang guru untuk meningkatkan kemampuan membaca dan berbahasa anak melalui media buku cerita di kelas B RAM SALAFIYAH SIMBANG KULON. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan terkait dengan pembelajaran melalui buku cerita untuk kemampuan membaca dan berbahasa anak ,(1.) Guru harus bisa bekerja sama dengan kepala sekolah dengan memberikan dukungan yang bagus untuk meningkatkan kemampuan membaca dan berbahasa.(2.) Guru jauh harus bisa memanfaatkan fasilitas yang ada dari bahan bahan yang ada seperti media buku cerita bergambar . (3.) Guru juga harus memiliki keahlian dalam kegiatan pembelajaran melalui buku cerita bisa dengan menggunakan media atau alat peraga seperti boneka tangan atau boneka jari bisa juga dengan menirukan suara hewan dalam meningkatkan kemampuan membaca dan berbahasa anak usia dini.

Downloads

Published

2024-07-27

How to Cite

Lisa Nurfadillah. (2024). Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Melalui Model Pembelajaran Buku Cerita. SINAU Seminar Nasional Anak Usia Dini, 1(1), 136–141. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/sinau/article/view/2422