Edukasi Seks Melalui Metode Bercerita dengan Media Boneka Tangan

Authors

  • Dwi Qurrotu Aini UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Mohammad Irsyad UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

Edukasi Seks, Metode Bercerita, Media Pembelajaran.

Abstract

Kekerasan seksual terhadap anak marak terjadi di Indonesia. Dampak dari kekerasan seksual pada anak dapat mengganggu fisik dan psikologis anak. Oleh karena itu, salah satu upaya mencegah terjadinya kekerasan seksual dengan mengajarkan anak tentang keamanan diri. Taman Kanak-Kanak sebagai salah satu lembaga pendidikan anak usia dini berperan penting dalam memberikan pembelajaran seks pada anak usia dini. Melalui pendidikan seks usia dini anak akan diarahkan pada perkembangan sikap dan pengetahuan tentang seks yang tentunya akan berguna untuk membentengi diri mereka dari ancaman kekerasan seksual. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan melalui kegiatan bercerita dengan menggunakan  boneka tangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif  dengan teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi,wawancara dan dokumentasi, pengolahan data dengan cara memilih hal-hal yang pokok, serta penyampaian data yang disusun secara detail dan sistematis. Hasil penelitian didapatkan pengaruh signifikan dalam penyampaian pendidikan seksual dengan metode bercerita menggunakan media boneka tangan terhadap peningkatan pengetahuan anak prasekolah tentang pembelajaran tentang personal safety skill.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Dwi Qurrotu Aini, & Mohammad Irsyad. (2024). Edukasi Seks Melalui Metode Bercerita dengan Media Boneka Tangan. SINAU Seminar Nasional Anak Usia Dini, 1(1), 239–246. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/sinau/article/view/2315