Implementasi Media Loose Part dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak di RAM Salafiyah Simbang Kulon

Authors

  • Chasanal Irnina Aqnah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

implementasi, ketrampilan menulis, media loose parts.

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya anak yang dapat mengungkapkan pikirannya  sendiri secara mandiri tanpa bantuan guru. Hal ini tercermin dari kurangnya keterampilan menulis yang siap mengungkapkan pemahaman kepada anak. Karena pembelajaran masih didominasi dengan ceramah atau bercerita. Tujuan dari karya ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menggunakan benda lepas secara kualitatif dan deskriptif pada anak usia 5-6 tahun lebih pintar. Jumlah subjeknya adalah 15 anak seluruhnya laki-laki, dengan menggunakan desain kualitatif. Dalam penelitian ini metode pengumpulan datanya adalah penggalian data dengan observasi, dokumentasi dan wawancara, serta analisis data dengan metode deskriptif kualitatif Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan bagi pendidik anak usia dini untuk menggunakan bagian-bagian tersendiri untuk meningkatkan kemampuan menulis anak, dengan menggunakan bahan-bahan dari lingkungan anak.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Chasanal Irnina Aqnah. (2024). Implementasi Media Loose Part dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Anak di RAM Salafiyah Simbang Kulon. SINAU Seminar Nasional Anak Usia Dini, 1(1), 232–238. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/sinau/article/view/2314