Peran Metode Bercerita Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dini

Authors

  • Rahma Mustofia UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

metode bercerita, pemerolehan bahasa, anak usia dini.

Abstract

Kemampuan berbahasa merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki sebagai alat komunikasi dan berinteraksi sosial dengan lingkunganya. Bahasa sangatlah diperlukan untuk kehidupan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bercerita memiliki peran penting dalam pemerolehan bahasa anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian menyatakan bahwa metode bercerita memiliki peran penting dalam pemerolehan bahasa anak di sekolah. Metode bercerita dapat membantu anak untuk memperoleh banyak kosa kata baru dan dengan metode bercerita, anak tidak hanya memperoleh bahasa tetapi juga meningkatkan aspek perkembangan berbahasa, anak dapat mengekspresikan imajinasinya dalam bentuk ungkapan atau kata-kata dan lain sebagainya.  

Downloads

Published

2024-07-27

How to Cite

Rahma Mustofia. (2024). Peran Metode Bercerita Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dini. SINAU Seminar Nasional Anak Usia Dini, 1(1), 412–421. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/sinau/article/view/2300