Model Pembelajaran Literasi Dasar dalam Mengembangkan Kemampuan Menyimak di RAM Salafiyah Simbang Kulon

Authors

  • Fadilla Rahma indriana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

literasi dasar, perkembangan bahasa

Abstract

 

Perkembangan bahasa yang dilakukan di RAM Salafiyah Simbang kulon dapat dikembangkan melalui sebuah pembelajaran literasi. Adapun pembelajaran yang dilakukan di RAM Salafiyah Simbang kulon itu pembelajaran menggunakan literasi pada anak ini berfokus pada sebuah penanaman dari dasar-dasar literasi sebagai pondasi awal pada anak di RAM Salafiyah Simbang kulon untuk mengembangkan sebuah kemampuan literasi pada seorang anak di jenjang pendidikan selanjutnya atau bisa disebut jenjang sekolah dasar. Agar apabila anak suk ke jenjang selanjutnya anak sudah memiliki bekal atau pondasi literasi sejak anak usia dini. Penelitian ini menggunakan sebuah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran literasi dasar di RAM Salafiyah Simbang kulon itu menggunakan sebuah model pembelajarn melaui bercerita dengan buku-buku bergambar. Model pembelajaran literasi dasar tersebut berfokus pada sebuah indikator yang ada yaitu melalui aspek kemampuan menyimak pada anak di RAM Salafiyah Simbang kulon.di RAM Salafiyah menggunakan aspek kemampuan menyimak pada anak usia dini karena guru ingin melatih fokus pada anak apabila guru memberikan informasi apapun anak sudah bisa menyimak dengan bai kapa yang disampaikan oleh guru .

 

Kata Kunci: Literasi Dasar, Perkembangan Bahasa

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Fadilla Rahma Indriana. (2024). Model Pembelajaran Literasi Dasar dalam Mengembangkan Kemampuan Menyimak di RAM Salafiyah Simbang Kulon. SINAU Seminar Nasional Anak Usia Dini, 1(1), 247–256. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/sinau/article/view/2289