Implementasi Media Buku Cerita Bergambar untuk Menstimulasi Kemampuan Menulis Anak Usia Dini

Authors

  • Nia Istiani UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

Menstimulus Kemampuan Menulis, Media Cerita Bergambar, Anak usia dini.

Abstract

Penelitian ini akan mengkaji tentang kefektifan penggunaan buku cerita bergambar untuk menstimulus kemampuan menulis anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Pre-Experimental Design. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah 8 anak yang terdiri dari 5 anak perempuan dan 3 anak laki-laki usia 4-6 tahun di kelompok A2 TK Pertiwi Puspa Indah Sukorejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap stimulus kemampuan menulis anak usia dini melalui penggunaan media buku cerita bergambar pada kelompok A2 TK Pertiwi Puspa Indah Sukorejo. Penelitian ini dapat digunakan oleh orangtua, guru, maupun praktisi pendidikan sehingga dapat memberikan stimulasi yang optimal dalam perkembangan kemampuan menulis anak usia dini melalui Penggunaan buku cerita bergambar, Temuan menunjukkan bahwa penggunaan buku bergambar dapat menjadi cara yang efektif untuk merangsang keterampilan menulis pada anak usia dini. Hasil analisis penelitian menunjukkan hasil bahwa penerapan media pembelajaran buku cerita bergambar dapat efektif menstimulasi kemampuan menulis anak usia dini di Lembaga PAUD. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa media pembelajaran buku cerita bergambar dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan menulis anak usia dini di Lembaga PAUD.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Nia Istiani. (2024). Implementasi Media Buku Cerita Bergambar untuk Menstimulasi Kemampuan Menulis Anak Usia Dini . SINAU Seminar Nasional Anak Usia Dini, 1(1), 187–197. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/sinau/article/view/2263