Strategi Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini

Authors

  • Arifatus Sa'adah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

Strategi Guru, Keterampilan Berbicara, Anak Usia Dini

Abstract

  1. Pendidikan anak usia dini adalah upaya untuk mendorong, membimbing, mengasuh, dan menyediakan kegiatan pembelajaran yang akan membantu anak usia dini memperoleh kemampuan dan keterampilan. Pendidikan anak usia dini sebenarnya  mencakup segala upaya dan kegiatan pendidik dan orang tua dalam mengasuh, membesarkan dan mengasuh anak, menghasilkan aura dan lingkungan dimana anak dapat mengeksplorasi pengetahuan yang memberikan kesempatan kepada anak untuk memahami pengetahuan belajarnya dari lingkungan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan metode yang dapat digunakan guru untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini. Dalam penelitian ini, metode deskriptif digunakan untuk memecahkan masalah. Ini berarti menceritakan keadaan subjek atau obyek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang ada. Selain itu, pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini, wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dua siswa dari lima belas siswa masih kekurangan kemampuan berbicara karena keterlambatan perkembangan. Namun, banyak anak yang mampu berbicara. Karena perkembangan anak berbeda-beda, guru harus memiliki pendekatan untuk meningkatkan keterampilan berbicara anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki empat pendekatan untuk menstimulus keterampilan  berbicara anak: metode bercerita, metode bernyanyi, menonton film, dan mendongeng

Downloads

Published

2024-07-10

How to Cite

Arifatus Sa’adah. (2024). Strategi Guru dalam Menstimulasi Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini. SINAU Seminar Nasional Anak Usia Dini, 1(1), 207–215. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/sinau/article/view/2252