The Role of the Teacher in the Use of Digital Technology to Grow Literacy in Early Children

Authors

  • Nur Rusnawa Dewi UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

role, teacher, technology

Abstract

Kemajuan teknologi yang sangat pesat mempengaruhi berbagai bidang, salah satunya adalah pendidikan. Dalam bidang pendidikan, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sangatlah penting. Tugas guru adalah memperkenalkan teknologi digital kepada anak. Selain sebagai pendidik, guru juga berperan sebagai fasilitator dan pengawas dalam proses pengenalan teknologi kepada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran guru dalam pemanfaatan teknologi digital dalam mengenalkan literasi pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi langsung di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru penting dalam memfasilitasi pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran. Guru harus berperan aktif dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan anak mengenai teknologi digital. Dalam mengembangkan literasi anak, guru dituntut untuk memanfaatkan teknologi digital sehingga dapat memberikan pengalaman belajar yang menarik bagi anak dan menambah wawasan anak mengenai pemanfaatan teknologi. Selain itu, terdapat tantangan dalam pemanfaatan teknologi digital, seperti kesulitan mengakses perangkat dan konten berkualitas

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Nur Rusnawa Dewi. (2024). The Role of the Teacher in the Use of Digital Technology to Grow Literacy in Early Children. SINAU Seminar Nasional Anak Usia Dini, 1(1), 198–206. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/sinau/article/view/2228