Penanganan Guru dalam Pemerolehan Bahasa pada Anak Speech Delay di KB Cempoko Legokclile Bojong

Authors

  • Iva Usiyanti Adilah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

Pemerolehan bahasa, anak usia dini, speech delay

Abstract

Bahasa merupakan alat yang digunakan dalam berkomunikasi. Bahasa merupakan bagian utama dalam kehidupan manusia, karena bahasa merupakan alat yang mampu mengungkapkan pikiran, perasaan dan ekspresi manusia dalam interaksi disekitarnya. Gangguan pemerolehan bahasa yang sering dijumpai pada anak-anak antara lain keterlambatan bicara. Dalam penulisan artikel ini penulis akan membahas tentang penanganan guru dalam pemerolehan bahasa pada anak tuna wicara di KB Cempoko Legokclile Bojong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru di KB Cempoko Legokclile Bojong menangani anak yang terlambat bicara dalam pemerolehan bahasa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di KB Cempoko Legokclile Bojong menggunakan beberapa cara atau strategi dalam menangani anak tuna wicara yaitu dengan cara guru mampu membangun hubungan yang positif dengan anak, menyediakan lingkungan yang aman dan mendukung, memahami kebutuhan dan kemampuan anak, Melatih vokal agar lebih jelas , Merangsang anak mengeluarkan suara dengan mengajaknya berbicara.

 

Kata Kunci: Pemerolehan bahasa, anak usia dini, keterlambatan bicara.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Iva Usiyanti Adilah. (2024). Penanganan Guru dalam Pemerolehan Bahasa pada Anak Speech Delay di KB Cempoko Legokclile Bojong. SINAU Seminar Nasional Anak Usia Dini, 1(1), 257–265. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/sinau/article/view/2218