Gangguan Berbicara pada Anak Yang Mengalami Kesulitan Fokus di RA Raudhotussibyan Hadirul Ulum

Authors

  • Nika Pangesti Swastika UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

Gangguan berbicara, kesulitan fokus , anak

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan faktor terpenting dalam berkomunikasi, karena dengan keterampilan tersebut diharapkan anak akan memperoleh interaksi yang baik. Keterampilan berbicara juga dapat mempengaruhi perkembangan pada seorang anak. Dengan kemampuan berkomunikasi melalui bahasa dapat digunakan untuk mengungkapkan pemikiran ataupun hanya sekedar mengungkapkan keinginan dari si anak.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperjelas ciri-ciri gangguan bahasa khususnya berbicara pada anak dan juga kesulitan dalam berkomunikasi dengan lingkungan disekitarnya, dan untuk mengetahui ada tidaknya faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya gangguan berbahasa dalam keterampilan berbicara pada anak. Penelitian ini dilakukan di RA Raudhotussibyan Hadirul Ulum. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah dengan memilih anak berusia lima tahun. Menurut hasil penelitian ini, penyebab anak mengalami gangguan berbahasa khususnya berbicara adalah salah satu faktornya karena faktor internal, yaitu anak tersebut mengalami kesulitan fokus dalam kesehariannya. Selain itu kurangnya perhatian dan juga stimulasi yang diberikan orang tua terhadap perkembangan bahasa khususnya berbicara pada anak juga mempengaruhi terhadap gangguan berbicara yang dimiliki anak.

Downloads

Published

2024-07-09

How to Cite

Swastika, N. P. (2024). Gangguan Berbicara pada Anak Yang Mengalami Kesulitan Fokus di RA Raudhotussibyan Hadirul Ulum. SINAU Seminar Nasional Anak Usia Dini, 1(1), 216–224. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/sinau/article/view/2201