Implementasi Asesmen Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di Tarbiyatul Athfal Az-Zahra’ Rifa’iyah Bojong Minggir

Authors

  • Irma Wahyuningsih UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

Language Developmen, early childhood

Abstract

Abstrak
Penilaian merupakan upaya memperoleh data atau informasi dari proses dan hasil belajar siswa. Hasil penilaian juga menjadi pedoman bagi guru untuk mengetahui sejauh mana perkembangan yang telah dilalui siswa dalam mengelola pembelajaran di kelas. Padahal perkembangan bahasa merupakan aspek penting bagi anak, sebagai alat komunikasi yang digunakan untuk berpikir, mengungkapkan perasaan, dan menerima pikiran dan perasaan orang lain. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian perkembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di Tarbiyatul Athfal Az-zahra' Rifa'iyah Bojong Minggir cukup baik dilihat dari teknik pengajaran penilaian yang digunakan guru. Penilaian dilakukan oleh guru secara bertahap dalam jangka waktu yang telah ditentukan untuk melihat kemajuan perkembangan bahasa anak setelah mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh guru.

Downloads

Published

2024-07-27

How to Cite

Irma Wahyuningsih. (2024). Implementasi Asesmen Perkembangan Bahasa Anak Usia 4-5 Tahun di Tarbiyatul Athfal Az-Zahra’ Rifa’iyah Bojong Minggir. SINAU Seminar Nasional Anak Usia Dini, 1(1), 161–169. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/sinau/article/view/2196