PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PELAJARAN SKI KELAS VII MATERI MISI DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI RAHMAT BAGI ALAM SEMESTA DI MTs KEDUNGOMBO BUARAN MAYONG JEPARA

Authors

  • Rini Aryahiyatun UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Slamet Untung UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

Snowball Drilling, Learning Achievement, SKI

Abstract

This research aims to describe the increase in students' SKI learning activity and achievement by implementing the Snowball Drilling learning model for class VII material on the Prophet Muhammad SAW's Da'wah Mission as a Grace for the Universe at MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara. This classroom action research was carried out in class VII of MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara with the subjects of this research being the teacher and 36 students. This research took place over two cycles, each cycle consisting of two lesson hours. The independent variable is the Snowball Drilling learning model. Meanwhile, the dependent variable is the activeness and achievement of learning SKI class VII material on the Prophet Muhammad SAW's Da'wah Mission as a Grace for the Universe at MTs Kedungombo Buaran Mayong Jepara. The data collection techniques used are test techniques and non-test techniques. The results of the research show that there is a significant increase in students' social studies learning achievement on ethnic and cultural diversity in Indonesia which is quite significant between the pre-cycle results (38.89%), the results of the first cycle (69.44%) and the results of the second cycle (100%), supported by with an increase in students' SKI learning activities from a percentage in cycle I of 52.50% (Medium) to 87% (Very Good) in cycle II.

References

Achmad, Arief., “Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Pembelajaran IPS” dalam http://re-searchengines.com.com/mangkoes6-04.html diakses tanggal; 28 September 2015 jam 20.47.

Arikunto, Suharsimi et.all, 2011. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara.

-------------, 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2010. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Krama Widya.

Arsyad, Zahar. 2011. Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Asrori, Mohammad. 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Wacana Prima.

Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran, Jogjakarta.

Dalyono. 2001. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

--------------. 2011. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta.

Hakim, Thursan. 2005. Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri, Jakarta: Puspa Swara.

Hamalik,Oemar. 2000. Metode Belajar dan Kesulitan Belajar, Bandung: Tarsito.

--------------. 2003. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara.

--------------. 2008. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia.

Hamzah, H.M. Ali dan Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran

Matematika, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Harsojo. 1977. Pengantar Antropologi, Bandung: Bina Cipta.

Hidayatulloh, Agus dkk. 2012. Al Jamil : Al Qur’an Tajwid Warna, Terjemahan Per

Kata, dan Terjemah Inggris, Bekasi.

Kariadinata, Rahayu dan Maman Abdurahman, 2012. Dasar-Dasar Statistika Pendidikan, Bandung: Pustaka Setia.

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan

Profesi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lie, Anita. 2007. Cooperative Learning, Jakarta: Grasindo.

Makmun, Abin Syamsuddin. 2001. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Poerwadarminta. 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Purwanto, Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rosyidnureka, “Kumpulan-hadist-mengenai-pendidikan” dalam http://rosyidnureka. blogspot.co.id, diakses tanggal; 28 Nopember 2015 jam 10.21.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik, Bandung: Nusa Media.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2011. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharso dan Ana Retnoningsih. 2011. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cetakan IX, Semarang: Widya Karya.

Sutikno,M. Sobry. 2009. Belajar dan Pembelajaran: Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil, Bandung: Prospect.

Syah, Muhibbin. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Widoyoko S,Eko Putro. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Paktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winkel,WS. 1984. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia.

Yapsir, B.W. 1997. Psikologi Belajar dan Evaluasi Belajar, Jakarta: Gramedia.

Zaini,Hisyam dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Insan Madani.

Zuhairini. 2007. Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya: Usaha Nasional.

Published

2024-11-15

How to Cite

Aryahiyatun, R., & Untung, S. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL DRILLING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PELAJARAN SKI KELAS VII MATERI MISI DAKWAH NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI RAHMAT BAGI ALAM SEMESTA DI MTs KEDUNGOMBO BUARAN MAYONG JEPARA. PROSINA PPG : Prosiding Nasional Pendidikan Profesi Guru, 1, 800–818. Retrieved from https://proceeding.uingusdur.ac.id/index.php/prosina-ppg/article/view/2363