PENERAPAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI SIKLUS AIR BAGI PESERTA DIDIK KELAS V (LIMA) MI MUHAMMADIYAH SARIREJO KABUPATEN KENDAL
Keywords:
Learning Outcomes, Project Based Learning, Creativity, Water CycleAbstract
This research aims to improve the learning outcomes and creativity of class V A MI Muhammadiyah Sarirejo students on the Water Cycle material through the Project Based Learning Model. The research method used is Classroom Action Research (PTK) with two cycles and one pre-cycle. The research subjects consisted of 25 students of class V A MI Muhammadiyah Sarirejo in the 2021/2022 academic year. Data was obtained through tests, observation, documentation and interviews. The research results show that the application of Project Based Learning can improve student learning outcomes and creativity. In the pre-cycle, the average student learning outcome was 50 with a completeness level of 4%, and the average creativity was 66.92 with a completeness level of 16%. In cycle I, the average learning outcome increased to 78.4 with 64% completeness, and student creativity increased to 74.88 with 56% completeness. In cycle II, the average learning outcome reached 88.4 with 92% completeness, and creativity increased to 90.84 with 100% completeness.
References
Abdurrahman, Saleh dan Wahab Muhbib Abdul, 2004. Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam (Jakarta: Kencana)
Abidin, Y., 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013, (Bandung: PT Refika Aditama).
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor. 41 Tahun 2007 Tentang Standar Proses Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah, (Jakarta: Diknas)
Baharudin dan Wahyuni, Esa Nur, 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran, (Yogyakarta: Ar-ruzz Media), Cet . III
Chatarina, 2004. Psikologi Belajar, (Semarang:UPT MKK UNNES)
Delise, R., 1997. Used Problem Based Learning in The Clasroom. (USA: Association For Supervision and Curriculum Development)
Ghony, Djunaidy, 2008. Penelitian Tindakan Kelas, (Malang: UIN Malang Press)
Iskandar, 2010. Meningkatkan kreativitas Pembelajaran bagi guru, (Jakarta : PT. Bestari Buana)
Kementerian Agama RI, 2010. Modul Perangkat dan Media Pembelajaran PPG dalam Jabatan (Direktorat Pendidikan Agama Islam)
Kusumawati, Heny, 2017. Lingkungan Sahabat Kita, (Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)
Mulyasa, E, 2008. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah, (Jakarta: Bumi Aksara), Cet I
Murniarti, E., 2016. Penerapan Metode Project Based Learning Dalam Pembelajaran. Universitas Kristen Indonesia, Diakses Melalui http://ap.fip.um.ac.id/wpcontent/uploads/2016/03/28-Erni-Muniarti.pdf
Pratiwi, R.A., Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan LKS Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 1
Purworejo. Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Skripsi. Diakses Melalui http://digilib.unila.ac.id/11663/16.
Riduwan, 2007. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian, (Bandung: Alfabeta), Cet. 4
Saminanto, 2012. Ayo Praktik PTK, (Semarang: Rasail Media Group)
Sani, R.A. 2014. Inovasi Pembelajaran. (Jakarta: Bumi Aksara)
Sari, Lutfiana Indah, dkk., 2015. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VA SDN Ajung 03, (Jember : Jurnal UNEJ), II (1)
Sudjana, Nana, 1995. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Sinarbaru Algesindo), Cet III.
Sugiyono, 2008. Memahami Penelitian Kualitatif, (Jakarta: CV Alfabeta)
Suharsimi Arikunto, 2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT Bumi Aksara), Cet. VII.
Suharsismi Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: PT. Rineka Cipta), Cet. 13.
Sukestiyarno dan Budi Waluya, 2006. Upaya Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Membentuk Mahasiswa menjadi Matematikawan yng Filsafati Melalui Pembelajaran Filsafat Ilmu dengan Strategi Student Team Heroic Leadership. Laporan Taeching Grant: Pend. Matematika Unnes.
Surya, Andita Putri, dkk., 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan KREATIVITAS Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga, Jurnal Pesona Dasar, Vol. 6 No. 1.
Wilcox, Lynn, 2012. Psikologi Kepribadian, (Jogjakarta:IRCiSoD)
Yeni, Rahmawati dan Kurniawati Euis. 2006. Strategi Pengembangan Kreativitas Anak. (Jakarta: Universitas Terbuka).
Zuriah, Nurul, 2006. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan: Teori dan Aplikasi,(Jakarta: Bumi Aksara).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 PROSINA PPG : Prosiding Nasional Pendidikan Profesi Guru

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.