Penerapan Media Fun Thinkers Book pada Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Siswa Kelas IV MI Salafiyah

Authors

  • Putri Nafisya Aulia IAIN Cirebon
  • Maman Rusman
  • Aceng Jaelani

Keywords:

Bahasa Arab, Fun Thinkers Book, Media Pembelajaran

Abstract

Kegiatan pembelajaran bahasa Arab menuntut siswa untuk mengingat mufrodat yang telah diajarkan sehingga perlu media yang tepat dalam pembelajarannya. Media fun thinkers book merupakan suatu media yang dikhususkan untuk penguasaan kosakata. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan media fun thinkers book di kelas IV MI Salafiyah, mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penerapan media fun thinkers book, dan mendeskripsikan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulaan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik triangulasi untuk menguji keabsahan data. Data penelitian ini dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran bahasa Arab dan siswa kelas IV MI Salafiyah Kota Cirebon. Hasil Penelitian ini yaitu (1) Penerapan media fun thinkers book diawali dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), penyampaian dengan menggunakan metode kelompok (2) Faktor pendukung penerapan media ini adalah siswa lebih cepat memahami materi, sementara faktor penghambat media ini adalah masih terdapat siswa yang tidak mampu dalam penulisan dan pelafalan bahasa Arab (3) Upaya dalam mengatasi hambatan saat pembelajaran mufrodat bahasa Arab menggunakan media fun thinkers book adalah mengadakan les bahasa Arab, memberikan reward, dan mengirim hafalan melalui aplikasi Whatsapp.
Kata Kunci: Bahasa Arab, Fun Thinkers Book, Media Pembelajaran

Downloads

Published

2021-12-29