Penerapan PAIKEM sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MISS Proto 02 setelah Adanya Daring

penerapan paikem sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar setelah adanya daring

Authors

  • Farkhatul Afwa IAIN Pekalongan
  • Afifah Aldania IAIN Pekalongan
  • Risti Listiani IAIN Pekalongan
  • Ulfatun Khasanah IAIN Pekalongan

Keywords:

Pembelajaran PAIKEM, Motivasi Belajar, Pembelajaran Daring

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif dengan subjek siswa-siswi dan guru kelas IV MISS Proto 02, Kedungwuni, Pekalongan dengan cara berkomunikasi secara langsung dan melakukan pengamatan. Strategi pembelajaran Paikem sangat cocok untuk diterapkan di sekolah dasar dengan tujuan membangkitkan semangat belajar siswa-siswi MISS Proto 02 setelah adanya pembelajaran daring yang sebagian umum menjenuhkan bagi siswa-siswi. Rasa jenuh yang ditimbulkan oleh pembelajaran daring dapat disebabkan karena kurang aktifnya suatu pembelajaran, serta media pembelajaran yang kurang inovatif, kreatif dan efektif. Penerapan strategi pembelajaran Paikem ini diharapkan guru dan siswa-siswi akan sama-sama aktif dan kreatif dalam kegiatan belajar mengajar. Sehingga tumbuh motivasi belajar yang mendorong semangat dalam meningkatkan prestasi belajar.

Downloads

Published

2021-12-29