Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 melalui Literasi Digital

Definisi Membaca, Minat Baca, Literasi Digital sebagai upaya Peningkatan Minat Baca,Upaya Meningkatan Minat Baca Pada Anak SD/MI di Masa Pandemi Melalui Literasi Digital

Authors

  • Fiya Janati IAIN Pekalongan
  • Diana Safitri IAIN Pekalongan
  • Muhammad Rizqi Ramadhani IAIN Pekalongan
  • Anisa IAIN Pekalongan

Keywords:

Literasi Digital, minat baca, Pandemi Covid-19

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis upaya meningkatkan minat baca siswa sekolah dasar di masa
pandemi Covid-19 melalui literasi digital. Telaah artikel ini menggunakan studi literatur (literature review) yaitu dengan mengumpulkan data-data atau sumber-sumber yang berhubungan dengan topik yang diangkat, dalam telaah ini menggunakan jurnal nasional, jurnal internasional dan buku yang berkaitan dengan fokus pembahasan. Dari beberapa jurnal tersebut dapat diketahui literasi merupakan salah satu kunci keberhasilan pendidikan. Namun rata-rata minat baca siswa di Indonesia masih perlu untuk ditingkatkan. Adapun faktor yang mempengaruhi minat baca siswa yakni terdiri dari dua faktor baik internal maupun eksternal. Terlebih saat ini dengan adanya pandemi Covid-19 bahwa proses pembelajaran mengalami perubahan yang semula dilakukan secara tatap muka, kini pembelajaran dilakukan secara daring. Sehingga secara tidak langsung siswa mengalami keterbatasan dalam mendapatkan bahan bacaan secara fisik. Dan layanan literasi digital dianggap cukup efektif untuk meningkatkan minat baca siswa di masa pandemi Covid-19. Hal itu bisa dilihat dari mayoritas siswa lebih senang membaca melalui layanan literasi digital karena banyak informasi yang bisa diperoleh dengan mudah. Namun dalam penggunaan layanan literasi digital di masa pandemi Covid-19 ini perlu adanya kerjasama antara orangtua dan siswa.

Downloads

Published

2021-12-29