Efektivitas Pengembangan Metode Eksperimen berbasis Laboratorium Virtual PhET dalam Pembelajaran IPA Materi Rangkaian Listrik pada Masa Pandemi
YULISA MURNILASARI, OKTAVIANA ARIRI, RANI OKTAVIANI, QORINA FITRIANI
Keywords:
Pengembangan, Metode Eksperimen, Pembelajaran IPA SD/MI, Rangkain Listrik, aboratorium Virtual PhET, PandemiAbstract
Penelitian pengembangan ini dibuat dalam rangka mencari solusi metode pembelajaran yang efektif digunakan dalam pembelajaran di tengah pandemi pada mata pelajaran IPA materi rangkaian listrik. Tujuan penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui tingkat kemenarikan media pembelajaran berbasis laboratorium virtual PhET jika digunakan pada mata pelajaran IPA materi rangkaian listrik, mengetahui efektivitas terhadap hasil belajar siswa pada materi rangkaian listrik setelah diimplikasikan media pembelajaran berbasis laboratorium virtual PhET. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kepustakaan dengan teknik pengumpulan data melalui data sekunder dari artikel-artikel yang telah dipublikasikan dan dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa platform untuk labororatorium virtual PhET adalah macromedia dan Phet simulation. Kemudahan penggunaan merupakan dasar utama pemilihan platform oleh pendidik, selain itu adanya layanan diskusi dan konverensi menjadi nilai tambah. Adapun labororatorium Virtual PhET Simulation dinilai lebih praktis karena dapat menggunakan simulasi yang sudah tersedia, hanya saja tidak semua bentuk percobaan yang diinginkan pendidik bisa tersedia pada PhET Simulation. Kesimpulan dari penelitian pengembangan bahwa laboratorium virtual merupakan metode sekaligus media yang tepat, sesuai perkembangan teknologi, mudah dipahami dan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran menuju suatu keberhasilan sesuai tujuan yang diinginkan yaitu memenuhi standar minimal dalam ketuntasan belajar.