Upaya Guru dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran IPS dengan Permainan Ular Tangga di MI Walisongo Kebaran Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan

Authors

  • Refi Mariska Mahasiswa

Keywords:

Mengatasi Kejenuhan, Media Pembelajaran

Abstract

Guru merupakan poros utama pendidikan untuk menjadi penentu kemajuan suatu negara di masa depan. Secara umum, tugas guru yakni memberikan wawasan atau mengajarkan ilmu kepada siswa siswi agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam masing-masing bidang pelajaran. Selain itu guru juga mempunyai tanggung jawab
dalam mendidik siswa agar mempunyai sikap dan tingkah laku yang baik, entah dalam lingkungan sekolah, rumahan ataupun dalam lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media permainan ular tangga dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar untuk mengatasi kejenuhan siswa. Salah satu masalah pendidikan yaitu minimnya sarana
dan prasarana sehingga seorang guru dituntut untuk sekreatif mungkin dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas, seperti mengembangkan media pembelajaran. Salah satunya media pembelajaran yang menarik dan mengatasi kejenuhan seorang siswa dalam kegiatan belajar yakni pembelajaran berbasis permainan ular tangga dalam pembelajaran IPS ini.
Sehingga ketika anak datang ke sekolah ia tidak akan merasa bosan dan ketika pulang pun anak akan merasa senang.

Downloads

Published

2021-12-29