Problematika Pembelajaran Daring bagi Siswa Kelas Rendah di MI/SD

Authors

  • Rizka Yulfiana IAIN Pekalongan
  • Arfiyatul Aini IAIN Pekalongan
  • Nur Aida Fitriyani IAIN Pekalongan
  • Riskiana IAIN Pekalongan

Keywords:

Pembelajaran, Daring, Kelas Rendah

Abstract

Covid-19 saat ini menjadi pandemi yang serius di seluruh penjuru dunia termasuk indonesia. fenomena pandemi covid-19 yang terjadi membuat pemerintah mengeluarkan kebijakan baru yaitu belajar daring atau belajar dari rumah. Aktivitas belajar mengajar juga dilakukan secara daring.
Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang penyampaian pembelajarannya menggunakan perangkat elektronik dan internet. Sistem pendidikannya pun mengalami tantangan baru karena dampak dari adanya wabah virus covid-19 yang menyebabkan sistem pembelajaran dialihkan kepada
metode pembelajaran daring atau online. Peserta didik dapat berinteraksi dengan guru menggunakan beberapa aplikasi seperti classroom, video converence, telepon atau live chat,
zoom maupun melalui whatsapp group. Artikel ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai permasalahan pembelajaran daring di MI/SD terutama di kelas rendah. Pembelajaran
daring kurang cocok diterapkan untuk anak MI/SD dikarenakan pembelajaran yang masih berpusat kepada guru sementara pada saat pembelajaran daring peserta didik hanya diberikan tugas oleh guru tanpa adanya penjelasan secara langsung, sehingga banyak peserta didik yang belum paham.
Pembelajaran daring tidak bisa tersampaikan dengan baik dikarekanan faktor sarana dan prasarana yang belum mendukung serta kesulitan belajar peserta didik kelas rendah yang rata-rata masih belum bisa membaca dan menulis. Mengontrol anak dari jarak jauh cukup sulit dilakukan apalagi di sekolah dasar. Pembelajran daring untuk kelas rendah dapat memberikan dampak negatif bagi peserta didik. Di kelas rendah yang semestinya mereka belajar bersosialisasi dengan teman dan lingkungan menjadi terhambat, sehingga dapat menimbulkan prilaku-prilaku yang tidak sesuai dengan norma-norma. Pembelajaran daring juga dapat membuat peserta didik kelas rendah sulit untuk mengeksplorasi atau meningkatkan kemampuan berfikir.

Kata Kunci: Pembelajaran, Daring, Kelas Rendah

Downloads

Published

2021-12-29