Integrasi Nilai Karakter pada Pembelajaran Bahasa Inggris di MSI 02 Keputran Kota Pekalongan

Authors

  • Rosalia Rosada IAIN Pekalongan
  • Hafizah Ghany Hayudinna IAIN Pekalongan

Keywords:

Integrasi, Nilai Karakter, Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengintegrasian nilai karakter dengan materi bahasa Inggris di jenjang pendidikan dasar Madrasah Ibtidaiyah serta memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan terkait dengan pengintegrasian nilai karakter dengan mata pelajaran terkait. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Berdasarkan data yang diperoleh, peneliti menemukan beberapa hasil pengintegrasian nilai karakter dengan pembelajaran bahasa Inggris, yaitu pembelajaran bahasa Inggris tidak terpaku secara kontekstual melainkan terdapat nilai-nilai pendidikan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik mampu mengkonstruksikan pengetahuan bahasa Inggris secara aktif, memperoleh pengetahuan melalui pengalaman, berdiskusi dengan kelompok, serta mampu bekerja dalam kelompok. Faktor pendukung dari pengintergrasian ini adalah modul pelaksanaan model pembelajaran bahasa Inggris, penerapan refleksi di akhir pertemuan, dan proses penilaian yang dilakukan menyeluruh. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya dukungan dari pemangku kebijakan. Penelitian ini turut serta membantu para ilmuan dan pegiat akademisi yang memiliki tantangan masa depan untuk merumuskan konsep pembelajaran bahasa Inggris tetapi tidak mengesampingkan nilai karakter.

Kata Kunci: Integrasi; Nilai Karakter; Bahasa Inggris di Madrasah Ibtidaiyah

Downloads

Published

2021-12-29