Problematika Penerapan Media Visual dalam Pembelajaran di SD Islam Kutosari

Media visual, problematika pembelajaran visual

Authors

  • Salsabila Qotrinnada
  • Rizanati Fikrina
  • Nikhlatun Nuha F, kelasc
  • Kamila Noor Maharani

Keywords:

Problematika, Media Visual, Pembelajaran

Abstract

Media visual yaitu alat peraga yang dipakai guru dalam proses belajar mengajar sehingga dapat dinikmati oleh siswa melalui penglihatan atau panca indra mata (Pujilestari, 2020: 40). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika penerapan media visual dalam pembelajaran di SD Islam Kutosari. Adapun manfaat dari penelitian ini agar meningkatkan kualitas penerapan media visiual untuk membatu pemahaman peserta didik, sehingga kemampuan belajar peserta didik dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dimana penelitian ini melakukan pengamatan langsung dilapangan. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara dan observasi. Subjek penelitian ini adalah guru, penulis berkomunikasi dengan salah satu guru di SD Islam Kutosari mengenai problematika yang dialami tersebut. Penelitian ini berasumsi penerapan media visual yang dilakukan oleh guru ke depannya harus membawa siswa dalam menjawab permasalahan dengan banyak cara sehingga mengundang potensi yang intelektual dan proses menemukan sesuatu yang baru. Dalam penelitian ini harapan penulis, guru dapat mengatasi problematika yang terjadi di SD Islam Kutosari tersebut. Oleh karena itu terlebih dahulu harus mengetahui problematika yang terjadi.

Downloads

Published

2021-12-29