Analisis Penerapan Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Penerapan Metode Qiroati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Bibit Laeli Febriani IAINU Kebumen
  • Faida Sulistiya
  • Bahrun Ali Murtopo
  • Siti Fatimah

Keywords:

Metode Qiroati, Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Karakter, siswa MI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi penerapan metode Qiroati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa MI Ma’arif Surotrunan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitian siswa MI Ma’arif Surotrunan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil analisis menunjukan bahwa metode Qiroati efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa MI. Selain efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Alquran, metode Qiroati dapat mengembangkan karakter religius, disiplin, kerja keras, dan tanggung jawab.

Downloads

Published

2021-12-29