Analisis Karakteristik Siswa MI/SD dalam Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

ANALYSIS OF CHARACTERISTICS OF MI/SD STUDENTS IN FACING MINIMUM COMPETENCY ASSESSMENT (AKM)

Authors

  • Ila Khayati Muflikhah IAIN PEKALONGAN
  • Anita Dwi Rahmawati IAIN Pekalongan
  • Sri Wahyuningsih IAIN Pekalongan
  • Shinta Alviyani IAIN Pekalongan

Keywords:

Analisis, Karakter, Siswa, AKM

Abstract

Asessmen Kompetensi Minimum atau AKM merupakan inovasi baru pemerintah Indonesia untuk
meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi pelajar Indonesia. Selain itu, AKM juga mengukur survei karakter dan lingkungan belajar. Tujuan dari pelaksanaan AKM ini yaitu agar pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi dan mampu bersaing secara internasional. Target atau sasaran pelaksanaan AKM di tingkat SD/MI yaitu kelas 5. Karakteristik anak SD/MI masih sangat labil, rasa tanggung jawab yang kurang, serta kesiapan IT yang kurang mumpuni. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Bagaimana karajteristik siswa SD/MI, (2) Bagaimana kesiapan mereka dalam menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM. Metode penelitian menggunakan studi pustaka, dengan literature yang actual. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa karate siswa SD/MI khususnya kelas 5 sangat sesuai untuk pelaksanaan AKM karena ditinjau dari aspek psikomotorik dan kognitif yang lebih mumpuni dari tingkatan yang di bawahnya. Selain itu, mereka masih bisa mendapat kesempatan untuk memperbaiki kemampuanya dalam hal literasi, numerasi, dan survei karakter.

Kata Kunci: Analisis, Karakter, Siswa, AKM

Downloads

Published

2021-12-29