Media Pembelajaran dan Pandemi: Inovasi berbasis IT di MIS Ma’arif Kebumen

Learning Media and Pandemic: IT-Based Innovation at MIS MA'ARIF KEBUMEN

Authors

  • Nurhidayah pemakah/presenter
  • Ummu Karima Zahra pemakalah

Keywords:

Media Pembelajaran, Pandemi, Inovasi, IT

Abstract

Abstrak: Pandemi Covid-19 yang ditandai dengan munculnya corona virus di Wuhan dan menyebar ke seluruh dunia menuntut berbagai Negara melakukan usaha preventif untuk memutus tali rantai penyebaran virus tersebut. Sebagaimana tiga langkah pencegahan yang anjurkan oleh divisi kesehatan PBB yaitu WHO bahwa ada tiga langkah yang bisa digunakan untuk mencegah persebarannya. Pertama adalah memakai masker, mencuci tangan dan physical distancing. Kebijakan Physical Distancing yang melarang adanya kerumunan sangat berdampak pada proses belajar mengajar di Sekolah. Di Indonesia, tingginya angka covid yang terus meningkat menyebabkan keluarnya Peraturan Menteri tentang pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Pembelajaran Jarak jauh melarang siswa belajar di Sekolah/Madrasah. Berbagai kendala PJJ ditemukan, minimnya budaya literasi membaca guru dan murid serta rendahnya literasi digital guru mengakibatkan adanya gelombang protes wali murid yang menuntut pemerintah untuk sekolah kembali masuk karena pembelajaran yang diberikan oleh guru ternyata hanya memberatkan orangtua, kekerasan terhadap anak pun meningkat. Pengamatan penulis di Kebumen dan beberapa Kota lain di Jawa Tengah menemukan bahwa media pembelajaran PJJ seringkali berupa tumpukan pesan singkat melalui SMS atau grup WAG tentang tugas yang harus dikerjakan siswa, padahal tidak semua orangtua siswa terpelajar. Akibatnya banyak Sekolah atau Madrasah yang mengalami penurunan prestasi dan penurunan jumlah siswa. Fenomena ini menarik minat penulis meneliti lebih lanjut tentang Inovasi Pengembangan Media Pembelajaran berbasis IT di Kebumen khususnya di MIS Maarif  Kebumen. Hal ini karena di Kebumen ada 106 MI, dan hanya 8 (delapan) MI yang Negeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, penggunaan data-2 yang bersifat kuantitatif digunakan sebagai pendukung data penelitian.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pandemi, Inovasi, IT

Downloads

Published

2022-01-03