Problematika Sekolah Dasar Negeri Dibandingkan dengan Sekolah Dasar berbasis Islami

Ruang lingkup, sarpras, manajemen pembiayaan, dan pengembangan kualitas pendidikan antara SD Negeri dengan SD Islam

Authors

  • Tia Artika Mahasiswa
  • Siti Nadzifah
  • Fida Fatkha Wildania
  • Akhmad Afroni

Abstract

Sekolah Dasar menjadi tingkat pertama bagi siswa untuk memulai pembelajaran secara serius. Semakin banyak sekolah dibangun menjadikan banyaknya pilihan bagi masyarakat untuk memilih pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya. Kurikulum menjadi salah satu bahan pertimbangan yang sangat penting untuk memilih tempat belajar bagi masing-masing calon peserta didik. Maka dari itu, setiap sekolah membutuhkan kurikulum yang baik dan menarik untuk memikat calon peserta didiknya. Saat ini, tepatnya pada era digital dimana teknologi sedang marak-maraknya, menjadikan anak-anak usia Sekolah Dasar sudah mengenal jauh tentang jaringan sosial. Penggunaan smartphone sudah umum bagi anak dibawah 10 tahun. Hal ini berdampak pada pola pikir yang semakin mengikuti kebudayaan luar, baik luar kotanya, luar pulaunya bahkan luar dari negaranya. Maka dari itu, para orang tua menginginkan pembelajaran yang seimbangi agar putra-putrinya tidak terjerumus kedalam halhal negatifnya teknologi. Hal ini menjadikan Sekolah Dasar Negeri seperti bersaing dengan Sekolah Dasar Berbasis Islami. Eksistensi Sekolah Dasar Islami semakin maju dibanding dengan sekolah umum karena masyarakat mengira kurikulum yang diemban oleh Sekolah Dasar Islami lebih lengkap meskipun memakan biaya yang lebih banyak dari sekolah umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan diantara kedua sistem Sekolah Dasar tersebut dengan Problematika Sekolah Dasar Negeri Dibandingkan dengan menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan data dengan tujuan yang dapat dideskripsikan.

Downloads

Published

2021-12-29