Implementasi Media Dakosa terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas IV MI

Authors

  • Ummi Nur Rokhmah IAIN Syekh Nujati Cirebon
  • Patimah IAIN Syekh nurjati Cirebon
  • Pipit Wahyuni

Keywords:

Media Dakosa (Dakon Kosakata), Kemampuan Kosakata Bahasa Arab Siswa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan kosakata Bahasa Arab siswa yang belum maksimal. Hal ini dilihat dari banyak siswa yang belum mampu menguasai kosakata bahasa Arab, dapat dilihat dari cara guru menyampaikan materi menggunakan media yang kurang sesuai dengan materi yang disampaikan, dan terkendala dengan siswa yang belum bisa membaca huruf hijaiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kosakata Bahasa Arab siswa kelas IV, mendeskripsikan implementasi media dakosa (dakon kosakata) terhadap kemampuan kosakata kata Bahasa Arab siswa kelas IV dan faktor penghambat dan pendukung implementasi media dakosa (dakon kosakata) terhadap kemampuan kosakata Bahasa Arab siswa kelas IV. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan keadaan yang sesungguhnya. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan cara reduksi data, display data dan kesimpulan dan verifikasi. Dilihat dari tabel jumlah siswa dan nilai yang diperoleh terdapat 10 siswa yang memperoleh nilai 100% , 23 siswa 70% dan 2 siswa 40%. Dari hasil observasi dapat dilihat bahwa siswa mampu memanfaatkan media dakosa dengan baik dan
faktor penghambat implementasi media dakosa yaitu kondisi siswa dan media pembelajaran dan pembelajaran dapat didukung dengan adanya sarana dalam pembelajaran salah satunya yaitu media pembelajaran.
Kata Kunci: Media Dakosa (Dakon Kosakata), Kemampuan Kosakata Bahasa Arab siswa

Downloads

Published

2022-01-03