Pengaruh Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat terhadap Pola Hidup Sehat Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nur Ismiati IAIN Pekalongan
  • Indah Lestari
  • Nur Hakimah
  • Umi Mahmudah
  • Abdul Khobir

Keywords:

Keywords : GERMAS program (healthy living community movement), elementary school level, clean and healthy lifestyle., GERMAS, Covid 19, Hidup Sehat

Abstract

Covid 19 merupakan sebuah virus yang mewabah di masyarakat akhir-akhir ini. Kemunculannya mengakibatkan kematian jutaan penduduk di seluruh dunia, dan tak terkecuali Indonesia. Untuk itu harus ada upaya pencegahan agar virus Covid 19 tidak menyebar secara meluas lagi. Salah satu upaya pencegahan yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan edukasi terkait penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sedini mungkin, bukan hanya untuk lansia saja tetapi juga anak-anak tak terkecuali siswa di tingkat SD/MI. Dalam menghadapi masa pandemi seperti ini, SD Islam 02 YMI Wonopringggo berusaha membudayakan pola hidup sehat kepada siswanya melalui program GERMAS untuk satuan SD/MI. Diharapkan dengan adanya program tersebut dapat memberikan edukasi kepada siswa tingkat dasar akan pentingnya menerapakan pola hidup sehat sekaligus menjelasakan tentang bagaimana cara yang benar dalam menjalankan pola hidup sehat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun pengetahuan siswa SDI YMI Wonopringgo 02 tentang urgensi menjaga kesehatan dan kebersihan, serta meningkatkan sikap hidup bersih dan sehat. lebih lanjut pada penelitian ini memakai tehnik pengumpulan data kuantitatif dengan memberikan angket kepada responden, dan melakukan observasi. Sampel yang diambil yaitu sebanyak 21 responden dari kelas atas yaitu kelas IV sampai kelas VI.
Adapun berdasarkan hasil analisis uji noramalitas data menggunakan SPSS, diperoleh nilai 0,708 dalam analisis  Kolmogorov Smirnov. Karena p-value bernilai 0,708 > 0,05, maka data penelitian dapat dikatakan berdistribusi normal. Sedangkan hasil analisis uji linieritas data menggunakan SPSS diperoleh nilai signifikan sebesar 0,115. Karena nilai signifikan sebesar 0,115 > 0,05, berarti data dikatakan linier. Selanjutnya, hasil uji hipotesis dengan analisis regresi linier sederhana menggunakan SPSS diperoleh nilai thitung = 5,307 dan berdasarkan tabel distribusi t diketahui pada tingkat signifikansi 0,05 dengan db = 19, nilai ttabel = 2,093. Sehingga dapat disimpulkan bahwa thitung = 5,307 > ttabel = 2,093 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan program GERMAS (gerakan masyarakat hidup sehat) terhadap pola hidup sehat siswa di SD Islam 02 YMI Wonopringgo.

Downloads

Published

2021-12-29