Model dan Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar Alam Lukulo Kebumen
MODEL DAN PENGEMBANGAN KURIKULUM SEKOLAH DASAR
Keywords:
Model Kurikulum, Pengembangan Kurikulum, Sekolah AlamAbstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model dan pengembangan kurikulum di SD Alam Lukulo Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Alam Lukulo Kebumen. Subjek penelitian ditujukan kepada guru dan kepala sekolah di SD Alam Lukulo Kebumen. Data penelitian diambil dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif (reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Alam Lukulo Kebumen mengadopsi model spider web dan model kurikulum 2013, serta proses pengembangan kurikulumnya terdiri dari tiga hal, yakni (1) perencanaan yaitu merumuskan tujuan sekolah alam, program sekolah (harian, mingguan, bulanan, dan tahunan), menentukan teknik pembelajaran, serta menentukan pengelolaan sarana dan prasana; (2) pelaksanaan kurikulum dilakukan dengan penerapan pembelajaran yang berbasis keagamaan dan alam; (3) evaluasi kurikulum sebagai cara untuk menetapkan ketuntasan belajar peserta didik dengan pengadaan raport dinas dan raport narasi. Temuan penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi guru/kepala sekolah yang sedang merintis pengembangan kurikulum sekolah alam untuk mengadopsi atau memodifikasi pelaksanaan kurikulum yang telah dilaksanakan di SD Alam Lukulo Kebumen dan menjadi bahan pertimbangan bagi para peneliti mendatang untuk melakukan riset atau menguji kefektifan model pelaksanaan kurikulum pada jenjang sekolah dasar.
Kata Kunci: Model Kurikulum, Pengembangan Kurikulum, Sekolah Alam