PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KREATIFITAS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH PESERTA DIDIK KELAS V

Authors

  • Miela Roana Zulfia MI Hidayatul Muttaqin
  • M.Sugeng Sholehuddin
  • Fajar Okta Silvia
  • Virda Fatikhatu Zahra

Keywords:

Metode, Mind Mapping, Aktivitas

Abstract

Penelitian tindaikan kelas ini dilatarbelakangi karena kondisi Kelas V yang dinilai aktif. Tetapi dalam proses pembelajaran Peserta didik tidak hanya dituntut untuk aktif, akan tetapi dituntut untuk kreatif. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode mind mapping ini di gunakan sehingga Peserta didik dapat belajar dengan kreatif khususnya dalam belajar Fiqih. Penelitian ini bertempat di Kelas V MI Hidayatul Muttaqin . Penelitian ini dilakukan pada 21 Oktober sampai dengan 01 Desember 2022 karena penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Dalam satu siklus terdapat 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik dan alat pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif terhadap data berupa dokumen hasil kerja Tentang Sedekah, daftar nilai danlembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan metode mind mapping Peserta didik dapat belajar dengan aktif dan kreatif sehingga hasil belajar pun meningkat. Ini terbukti melalui hasil ulangan harian Peserta didik yang dilakukan pada siklus pertama masih ada sisiwa yang remidi, dan pada penerapan siklus kedua para Peserta didik sudah mencapai hasil yang lebih baik dan tidak ada lagi yang remidi.

Downloads

Published

2023-10-13