PENERAPAN METODE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA 3 KELAS I E MADRASAH IBTIDAIYAH ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Nuraini Umi Safangati UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Juwita Rini
  • Akhmad Dalil Rohman
  • Mochamad Ron Yani

Keywords:

Metode Index Card Match, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik

Abstract

Pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas peserta didik. Dalam proses pembelajaran pemilihan metode pembelajaran yang tepat sangat mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar peserta didik. Metode pembelajaran merupakan cara yang dapat dilakukan oleh pendidik agar proses belajar mengajar berjalan dengan efektif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran tematik karena stategi pembelajaran yang digunakan masih kurang bervariasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan metode Index Card Match dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik pada peserta didik kelas I MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I MI Istiqomah Sambas Purbalingga yang berjumlah 26 peserta didik. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam dua siklus. Dalam penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami
peningkatan. Diketahui bahwa nilai KKM yang telah ditentukan dari sekolah sebesar 80. Pada pra penelitian diketahui sebanyak 16 peserta didik belum tuntas dengan presentase 62 % dan 10 peserta didik yang telah tuntas. Pada siklus I mengalami peningkatan sebanyak 17 peserta didik yang tuntas dengan presentase 70,8% dan 7 peserta didik yang belum tuntas dengan presentase 29,1%. Selanjutnya pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 22 peserta didik dengan presentase 91,7% dan 2 peserta didik yang belum tuntas dengan presentase 8,2%. Dengan demikian strategi Index Card Match dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Tematik di kelas I MI Istiqomah Sambas Purbalingga.

Downloads

Published

2023-10-13