PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI ORGAN PERNAPASAN MANUSIA DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH SISWA KELAS V MI MA’ARIF TANON

Authors

  • Erlin Muzaimah MI Maarif Tanon
  • Nalim
  • Bintan Sabrina
  • Dewi Afiani
  • Putri Rahadian Dyah Kusumawti

Keywords:

Problem Based Learning, Index Card Match, Hasil Belajar, IPA.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan model Problem Based Learning untuk mengangkat permasalahan nyata di lingkungan sekolah dan aktivitas siswa kurang aktif, sehingga dengan penerapkan strategi pembelajaran Index Card Match pada siswa kelas V MI Ma’arif Tanon dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa pada materi IPA organ pernapasan manusia beserta fungsinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas menggunakan dua siklus untuk memaksimalkan hasil belajar menggunakan langkah pembelajaran yang diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian keaktifan siswa mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 62,5% dan siklus II sebesar 81,25%, total kenaikan prosentase kenaikan keaktifan siswa adalah 18,75%. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I ada 15 siswa atau atau 53,57%, dan pada siklus II yakni 26 siswa atau 92,85%. Ada 2 siswa
atau 7,15% yang belum tuntas pada siklus II ini perlu adanya bimbingan khusu dalam proses pembelajaran dan pemahaman materi. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Problem Based Learning yang dikombinasikan dengan strategi pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dan diharapkan bermanfaat bagi siswa, guru dan masyarakat sekitar menjaga kesehatan organ pernapasan. Hasil ini dapat dicapai apabila pembelajaran dilaksanakan sesuai langkah-langkah yang tepat berdasarkan rencana pelaksanaan pembelajaran yang telah disusun.

Downloads

Published

2023-10-13