PEMBELAJARAN PENDIDIKAN OLAHRAGA PADA JENJANG MADRASAH IBTIDAIYAH BERBASIS BLENDED LEARNING

Authors

  • Khasan Nuzaki UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

Blended Learnnig, Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Olahraga

Abstract

Pembelajaran merupakan proses transformasi pengetahuan yang melibatkan interaksi antara pebelajar dengan guru atau pebelajar dengan sumber belajar secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas pembelajaran pendidikan olahraga pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah berbasis blended learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, yaitu suatu langkah untuk memperoleh informasi dari penelitian terdahulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model blended learning pada pembelajaran olahraga di Madrasah Ibtidaiyah mempunyai tujuan untuk memfasilitasi proses pembelajaran dengan menyediakan berbagai media pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik peserta didik dalam belajar. Pembelajaran ini juga dapat mendorong peserta untuk
memanfaatkan sebaik-baiknya kontak face-to-face dalam mengembangkan pengetahuan. Pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan peserta didik menjadi menyenangkan, minat belajar peserta didik lebih besar dengan lingkungan belajar yang beragam. Blended learning menawarkan pembelajaran yang lebih baik, baik terpisah atau kelompok serta waktu yang sama atau berbeda. Dengan adanya penerapan model blended learning pada pembelajaran
olahraga di Madrasah Ibtidaiyah diharapkan tujuan pembelajaran yang diharapkan pada kurikulum dapat tercapai dengan baik.

References

Abdullah, W. (2018). Model blended learning dalam meningkatkan efektifitas pembelajaran. Fikrotuna, 7(1), 855-866.

Ajeng, T. (2022). Analisis Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Tematik pada Model Blended Learning Di Madrasah Ibtidaiyah Al Hikmah Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Arifaen, Adjie Mas Achmad Nur Aulia, & Karyono, H. (2020). Pengaruh Waktu Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Terhadap Tingkat Kebugaran Siswa Kelas V Mi Bahrul Ulum Sukodono Sidoarjo. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga), 5(2), 93-96.

Bates, A. W. (1995). Technology, Open Learning and Distance Education. London: Routledge.

Bogdan dan Taylor. 1975. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Chaeruman, Uwes Anis. 2017. PEDATI Model Desain Pembelajaran Blended. Jakarta:

Direktorat Jenderal Pembelajaran Kementerian Riset dan Pendidikan.

Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004; Standar Kompetensi Matapelajaran Pendidikan Jasmani SD dan MI. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Graham, C. R. (2006). Blended learning systems: Definition, current trends, and future directions. Dalam C. J. Bonk & C. R. Graham (Eds), The Handbook of blended learning: Global perspectives, local designs (pp. 3-21). San Francisco, CA: John Wiley & Sons, Inc.

Heinze, A., & Procter, C. (2006). Online Communication and Information Technology Education. Journal of Information Technology Education: Research, 5(1), 235–249.

Heinze, A. (2008). Blended learning : An interpretive action reseach study. Disertasi doktor, tidak diterbitkan, University of Salford, Salford, UK

Mustafa, P.S. & Roesdiyanto, R. 2021. Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme melalui Model PAKEM dalam Permainan Bolavoli pada Sekolah Menengah Pertama. Jendela Olahraga, 6(1), 50–65.

Nurhayati, S. R. (2016). Laporan Perencanaan dan Perancangan Tugas Akhir Madrasah Ibtidaiyah: Arsitektur Perilaku (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Rink, J. E. (2014). Teaching Physical Education for Learning (7, Ed.). New York: McGraw- Hill Companies.

Siedentop, D., Hastie, P. A., & Mars, H. van der. (2011). Complete Guide to Sport Education (2nd ed.). United States: Human Kinetics.

Smaldino, E. Sharon dkk. (2008). Instructional Technology and Media for Learning. Upper Saddle River, New Jersey Columbus, Ohio. Ninth Edition.

Staley, L., 2007. Where Mind Meet. [Online] Available at: http://wiki.carr.org/db/share/onlinesupervisorwiki/Project/Archive/Examples/How/to/Blend/12475/Blended/Learning/Guidefrom/WJ.pdf

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung : Alphabeta.

Uwes Anis Chaeruman, Panduan Memilih Dan Menentukan Seting Belajar Dalam Merencanakan Pembelajaran Blended, Universitas Negeri Jakarta, 2018.

Valiathan (2002). Blended Learning Models, 2000-2003.

Wulf, K. (1996). Training via the Internet: Where are We? Training and Development 50 No. 5.

Downloads

Published

2023-08-08