KORELASI KOMPETENSI TPACK CALON GURU PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH TERHADAP KETERAMPILAN MENGAJAR YANG DIMILIKI

Authors

  • Nur Afina Laelatun Ni'mah UIN KH Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Nadisa Milladunka Rosyada
  • Zara Wanda

Keywords:

Kompetensi TPACK, Keterampilan Mengajar, Teknologi

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin pesat. Hal ini memberikan pengaruh terhadap beberapa sektor baik ekonomi, sosial, maupun pendidikan. Sebagai calon guru, mahasiswa tentu dituntut agar dapat menguasai teknologi untuk mendukung proses pembelajaran. Kompetensi TPACK dapat membantu guru untuk menyusun perangkat pembelajaran menjadi lebih efisien dan menyenangkan. Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) merupakan pengetahuan yang diperlukan oleh seorang guru untuk mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Penting bagi seorang guru agar dapat menguasai aspek utama dan komponen TPACK. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti persentase calon guru madrasah ibtidaiyah dalam menguasai teknologi serta hubungan
penguasaan teknologi terhadap keterampilan mengajar yang dimiliki. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dimana pengumpulan sumber data berasal dari mahasiswa program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Kemampuan guru dalam mengoptimalkan pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran masih rendah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud)
mengungkapkan bahwa hanya 40% di Indonesia yang bisa dikatakan siap dengan teknologi. Padahal sebagai guru profesional salah satu kemampuan pedagogik yang harus dikuasai adalah mampu menggunakan dan memanfaatkan teknologi.

References

Andriyani, Mia. “Keterampilan Dasar Mengajar yang Harus Dikuasai Oleh Guru untuk Meningkatkan Kreativitas & Efektivitas dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komputer 1 (2022): 1.

Dirgantoro, Kurnia Putri Sepdikasari. “The Effect of Academic and Pedagogic Competences on Basic Teaching Skills of Mathematics Teacher Candidates in Micro Teaching.” Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 2 (2019).

Fitriani, Nur Laili. “Peningkatan Keaktifan Siswa Tema Wirausaha Melalui Pendekatan TPACK (Technology Pedagogy Content Knowledge) Pada Siswa Kelas VI SD Negeri Keputon 01 Kecamatan Blado Kabupaten Batang.” Educatif Journal of Education Research 3, no. 1 (2020).

Furroyda, Amanda Fathin, Hamidulloh Ibda, and Andrian Gandi Wijanarko. “Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis TPACK Terhadap Hasil Belajar PPKN di Madrasah Ibtidaiyah Swasta.” SITTAH: Journal of Primary Education 3, no. 2 (2022).

Hanik, Elya Umi, Dwiyanti Puspitasari, Emilia Safitri, Hema Rizkyana Firdaus, Maurin Pratiwi, and Reza Nidaul Inayah. “Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital.” JEID: Journal of Educational Integration and Development 2, no. 1 (2022).

Hidayati, Siti Nur. “The Effect PjBL Model Based on STEAM and TPACK with Pakan Penyu Media on Mathematics Learning Outcomes.” Al Hikmah: Journal of Education 3, no. 2 (2022).

“Implementasi Pendekatan TPACK (Technological Pedagogical Content Knowledge) Bagi Guru SD Muhammadiyah 12 Medan.” Ihsan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2021.

Indrianto, Nino, and Irma Lutfiyatin Najwa. “Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) Guru Pada Pembelajaran Tematik Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jembrana Technological Pedagogical Content Knowledge ( TPACK ) Teachers in Class V Thematic Learning at Madrasah Ibtidaiyah Negeri” 5, no. 2 (2022): 83–92.

Irmita, Luthfia Ulva, and Sri Atun. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Pendekatan TPACK untuk Meningkatkan Literasi Sains.” JTK (Jurnal Tadris Kimiya) 2, no. 1 (2017).

Ismail, Sumarno. “Membentuk Penguasaan Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Peserta PPL-1 dalam Bimbingan Latihan Mengajar Melalui Lesson Study.” Konferensi Nasional Pendidikan Matematika Ke 6 (2015).

Mansyur. “Keterampilan Dasar Mengajar dan Penguasaan Kompetensi Guru (Suatu Proses Pembelajaran Micro).” El-Ghiroh XII, no. 01 (2017).

Nugroho, Ahmad Munif, Wardono, St Budi Waluyo, and Adi Nur Cahyono. “Kemampuan Berpikir Kreatif Ditinjau dari Adversity Quotient Pada Pembelajaran TPACK.” Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika 2, no. 1 (2019).

Nusa, Putri Dian, Sumarno, and Alimuddin Aziz. “Penerapan Pendekatan TPACK untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III SD Negeri 1 Kemiri.” Jurnal Handayani 12, no. 1 (2021).

Putri, Benedicta Monica Anindya, Mudzanatun Mudzanatun, and Anggun Dwi Setya Putri. “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pelaksanaan Keterampilan Dasar Mengajar Pada Pembelajaran Tematik.” Indonesian Journal Of Educational Research and Review 3, no. 1 (2020).

Rahayu, Sri. “Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Integrasi ICT dalam Pembelajaran IPA Abad 21.” Malang: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan IPA IX Tahun 2017, 2017.

Rahmi, Aisyah Sabilla, Siti Fatiya Rosyidah, Fiki Risma Durrotul Mukhoyyaroh, Ika Damayanti, Shabrina Salsabila, and Istiningsih Istiningsih. “Pengembangan Profesionalitas Guru dalam Memahami Karakter Siswa Sekolah Dasar.” Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD 2, no. 2 (2022).

Restiana, Nena. “Evaluasi Profil TPACK untuk Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama di Banten.” Jurnal Penelitian Pendidikan 35, no. 2 (2018).

Shafira, Denisa Alfaneanda, and Minsih Minsih. “Blanded Learning dengan Desain Pembelajaran TPACK Pada Tatap Muka Terbatas di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6, no. 3 (2022).

Sintawati, Mukti, and Fitri Indriani. “Pentingnya Literasi ICT Guru di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 1, no. 2 (2019).

Sitompul, Harun, Denny Setiawan, and Edward Purba. “Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Desain Sistem Instruksional Pendekatan TPACK.” Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan 4, no. 2 (2018).

Downloads

Published

2023-08-08