PEMANFAATAN MEDIA EVALUASI DIGITAL PEMBELAJARAN IPA MI/SD MATERI BUNYI DALAM MEMBENTUK MILENIAL KREATIF

Authors

  • Elza Tsabita Rifda UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Edi Maulana
  • Anhar Khafid

Keywords:

Era Digital, Evaluasi, Pembelajaran IPA

Abstract

Era revolusi digital merupakan era yang berfokus terhadap teknologi. Teknologi dalam pendidikan menitikberatkan kepada paradigma digitalisasi di dalam aspek kehidupan. Sebagian besar era revolusi tumbuh dan berkembang melalui pendidikan. Oleh karena itu, pendidikan akan menjadi wadah terhadap pembentukan generasi milenial kreatif yang dapat berdaya saing dan unggul dalam menguasai berbagai bentuk keterampilan secara kreatif. Dengan tumbuhnya generasi milenial yang kreatif akan menjadikan modal bagi generasi yang siap akan problematika dan tantangan dalam menghadapi era revolusi digital. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan pemanfaatan media evaluasi pembelajaran IPA MI/SD berbasis digital dalam membentuk milenial kreatif untuk mengahadapi era revolusi digital. Metode yang peneliti gunakan adalah metode studi literatur. Serta Analisis data yang peneliti gunakan yaitu data kualitatif dengan mengombinasikan hasil penelitian dalam pemanfaatan media evaluasi digital pada pembelajaran IPA. Evaluasi merupakan proses yang dilakukan seorang guru dalam mengetahui sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap pembelajaran. Adapun aplikasi evaluasi digital yang dapat dimanfaatkan berupa aplikasi quizizz dan google
form. Aplikasi aplikasi tersebut dapat digunakan oleh guru dalam mengevaluasi proses pembelajaran yang mendukung keterampilan era revolusi digital terkhususnya pada mata pelajaran IPA di SD/MI.

References

All Bakhrudin Habsy. (2017). Seni Memahami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur”,Jurkam.

Amaliyah, S., & Lismawati.(2019). Pengaruh Implementasi Aplikasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 32 Jakarta.

Anas Sudiono. (2005). Pengantar Evaluasi Pendidikan. (PT.Grafindo Persada, Jakarta).

Anggraeni, D., & Ishom M. (2020).Pengaruh Media Pembelajaran Google Form Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran SKI Siswa Kelas IX A MTS Al Manshur Popongan Klaten. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora.

Cindy O.N, Zulyusri, Lufri.(2022). Penggunaan Alat Evaluasi Pembelajaran IPA Mendukung Keterampilan Abad 21.Jurnal Esabi.

Dian B, L., et al. (2022).Quizizz Sebagai Alternatif Media Evaluasi Pembelajaran Di Sekolah Dasar”, Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA).

Erniwati Dwi, et al. (2019). Analisis Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Internet.

Fatimah. (2017).Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Dengan Metode Demonstrasi Dikelas V SDN 10 Biau. Jurnal Kreatif Online.

Handayani, R dan Wulandari, D. (2021). Modern Assesment dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21 dan Hambatan di Negara berkembang, Jurnal Pendidikan Edutama (JPE).

Idrus L. (2019). Evaluasi Dalam proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. Vol 9, No, 2.

Inggrid Jeanetha Tahalele. (2016). "Pemanfaatan Media Evaluasi Digital". Skripsi.

Mardicko, A.,et Pelatihan membuat Googleform Untuk Guru Di SDN 2 Sukaagung Tanggamus. Jurnal Pendidikan Tambusai.

Nofitasari, Eva Luthfi F, A.(2020). Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Google Form Selama Masa Pandemi Pada Peserta Didik SD/MI.

Nurzannah, et al. (2018). Implementasi Kurikulum2013 Di Man 1 Medan. Analytica Islamica.

Samsiadi. (2022). Efektivitas Google Form Sebagai Media Penilaian Dan Evaluasi Pembelajaran PAI Di SMK Negeri 1 Berau Kaltim.

Utin, Emanuela et al. (2021). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Komputer Berbasis Wondershare Quiz Creator. Jurnal Education and Technology (JUTECH).

Downloads

Published

2023-07-21