KURIKULUM MERDEKA BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN ABAD 21 UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI 4C SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Syafa’atul Khusna
  • Ismiatul Khasanah
  • Muhammad Maskur Musa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Juwita Rini

Keywords:

Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran Abad 21, Kompetensi 4C

Abstract

Banyak perubahan yang dialami oleh pendidikan di Indonesia dengan tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Perubahan tersebut berupa munculnya kurikulum baru yaitu merdeka belajar yang berbeda dan menjadi evaluasi kurikulum sebelumnya. Munculnya kurikulum baru ini juga menjadi upaya untuk menjadikan pembelajaran yang dilaksanakan lebih bermakna dan tidak hanya menekankan kognitif siswa saja namun mampu meningkatkan keterampilan yang dimiliki dalam diri siswa. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan kurikulum merdeka belajar melalui pembelajaran abad 21 untuk meningkatkan kompetensi 4C siswa madrasah ibtidaiyah. Adapun jenis penelitian ini menggunakan studi literatur (library research), dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data penelitian diperoleh dari sumber buku- buku, artikel ilmiah dan refensi relevan yang lainnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kurikulum merdeka belajar hadir sebagai respon atas terjadinya transformasi yang menyeluruh di segala aspek, terutama kebutuhan akan sumber daya manusia yang kompetitif dan adaptif. Apalagi pendidikan sekarang sudah memasuki abad 21 yang menuntut siswa agar memiliki sebuah keterampilan dengan dibarengi pengetahuan dan teknologi yang mumpuni. Melalui kurikulum merdeka belajar ini dapat membentuk dan meningkatkan keterampilan 4C yaitu
critical thinking, communication, collaboration, dan creativity dalam diri siswa madrasah ibtidaiyah agar dapat menyesuaikan dalam perubahan kondisi kehidupan.

References

Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka : Pemaknaan Merdeka Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar dalam. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399–407.

Dalil Rohman, A., Maskur Musa, M., Nahdia Falkhah, A., & Fadia Annur, A. (2022). Efektivitas Metode Pembelajaran Berbasis STEAM Terhadap Peningkatan Keterampilan Siswa MI/SD diEra Abad 21. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 03(01), 48–58.

Dian, R., Putri, P., Tutur, S., & Prabowo, M. (2023). Konsep merdeka belajar pada sekolah dasar ditinjau dari perspektif filsafat progresivisme. Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 6(1), 1–12.

Inayati, U. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21 di SD/MI. ICIE: International Conference on Islamic Education, 2(1), 293–304.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589

Khusna, S., Dalil Rohman, A., Musa, M. M., Rini, J., & Pekalongan, I. (2022). Interactive Learning Media Innovation PPT Video Animation In Improving Critical Thingking MI/SD Students The 21ST Centruy Era. Proceeding of ICONIE FTIK IAIN Pekalongan, 2(1), 151–163.

Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, 1(1), 80–86. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174

Marakovits, S. (2022). Infusing 21st-Century Skills Into Lessons and Assessments. Kappa Delta Pi Record, 58(2). https://doi.org/10.1080/00228958.2022.2039529

Marisa, M. (2021). Curriculum Innovation “Indepedent Learning” In The Era of Society 5.0. Santhet: (Jurnal Sejarah, Pendidiikan Dan Humaniora), 5(1), 66–78. https://doi.org/10.36526/js.v3i2.e-ISSN

Maulidah, E. (2021). Keterampilan 4C Dalam Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Childhood Education : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 52–68. https://doi.org/10.53515/cji.2021.2.1.52-68

Melati, P. S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Sekolah Dasar Mempengaruhi Pada Hasil Evaluasi Belajar Peserta Didik. Proceedings Series of Educational Studies Prosiding, 1(1), 263–272.

Muslim, A. (2022). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34–40. http://rayyanjurnal.com/index.php/jetish/article/view/35/39

Mustofa, M., & Mariati, P. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar: Dari Teori ke Praktis. Indonesia Berdaya, 4(1), 13–18. https://doi.org/10.47679/ib.2023371

Putri, R. K., Bukit, N., & Simanjuntak, M. P. (2022). The Effect of Project Based Learning Model’s on Critical Thinking Skills, Creative Thinking Skills, Collaboration Skills, & Communication Skills (4C) Physics in Senior High School. Proceedings of the 6th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2021), 591. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211110.103

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174–7187. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3431

Sartini1, R. M. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Mempersiapkan Pembelajaran Abad 21. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 8(2), 1348–1363.

Suharyat, Y., Supriyadi, A., Apra Santosa, T., & Sofianora, A. (2023). Meta-analysis Study: The Effect of the Independent Curriculum Integrated Project Based Learning Model on Student Learning Outcomes in Natural Science Materials. LITERACY : International Scientific Journals Of Social, Education and HumanioraE, 2(1).

Sukardjo, M., Nirmala, B., Ruiyat, S. A., Annuar, H., & Khasanah5, U. (2023). Loose Parts: Stimulation of 21st Century Learning Skills (4C Elements). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4088

Syaripudin, S., Witarsa, R., & Masrul, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru-guru Sekolah Dasar Negeri 6 Selatpanjang Selatan. Journal of Education Research, 4(1), 178–184. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/142%0Ahttps://jer.or.id/index.php/jer/article/download/142/115

Taqiudin Zarkasi, & Muslihatun, M. F. (2022). Madrasah dalam Platfom Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Gema Nurani Guru, 1(2), 71–79.

Ujang Cepi Barlian, Siti Solekah, P. R. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL Journal of Educational and Language Research, 12(1), 2105–2118. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Yasmansyah, Z. S. (2022). Konsep Merdeka Belajar Kurikulum Merdeka. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia (JPION), 1(1), 29–34. https://jpion.org/index.php/jpi29https://jpion.org/index.php/jpi

Downloads

Published

2023-07-12