IMPLEMENTASI INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI LITERASI, KEGIATAN KEAGAMAAN DAN PELESTARIAN BUDAYA

IMPLEMENTASI INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI LITERASI, KEGIATAN KEAGAMAAN DAN PELESTARIAN BUDAYA

Authors

  • Tamaro Ulzima Stari
  • Tri Noor Khaliza UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Amelia Nabila
  • Nur Juliana

Keywords:

Inovasi Pembelajaran, Literasi, Keagamaan, Budaya, Sarana Prasarana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai penerapan inovasi pembelajaran di SD Negeri Landungsari 01 Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan subjek tentang situasi dan data yangdiperoleh selama pengamatan dan pertanyaan sehingga menjadi informasi yang berguna dan mudah dipahami oleh pembaca. Hasil penelitian menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran melalui literasi, kegiatan keagamaan dan budaya telah dilakukan dengan berbagai cara yang kreatif dan mendukung proses pembelajaran yang efektif. Inovasi pembelajaran tersebut memberikan manfaat bagi peserta didik dalam hal meningkatkan pengetahuan keterampilan sikapdan nilai-nilai yang berkaitan dengan budaya kewargaan dan agama. Kendala yang dihadapi dalam implementasi inovasi pembelajaran tersebut adalah kurangnya sumber daya, sarana prasarana dan konsistensi pelaksanaan serta kurangnya pengawasan. Rekomendasi yang diberikan adalah perlu adanya peningkatan kapasitas kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan inovasi pembelajaran penyediaan sarana prasarana yang memadai dan kerjasama dengan pihak luar sekolah yang terkait dengan literasi, kegiatan keagamaan dan pelestarian budaya.

References

Lexy J Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya,

, h. 11

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung ALFABETA

S. Margono, Metodologi Penelitan Pendidikan Cet 2, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), h. 39

Latifah, L., & Rahmawati, F. P. (2022). Penerapan Program CALISTUNG untuk Meningkatkan Literas Numerasi Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar, Jurnal Basicedu, 6(3), 5021-5029

Nurul, R. F., Andreas, R., & Mahardika, D. A. (2022). Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Baratan: Permainan Tradisional dalam Membentuk Karakter Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Baratan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 8-16.

Budharto, Triyono, & Suparman. (2018). Literasi Sekolah Sebagai Upaya

Penciptaan Masyarakat Pebelajar Yang Berdampak Pada Peningkatan Kualitas Pendidikan. Ilmu Sejarah, Sosial, Budaya Dan Kependidikan, 5(1), 153-

Rohim D. C., & Rahmawati, S. (2020). Peran Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Di Sekolah Dasar Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(3), 230-237.

https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n3.p230-237

Asian, N. (2018). Pembelajaran Calistung Pendidikan Anak Usia Dini Dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar Di Bandar Lampung. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(1), 19. https://doi.org/10.24042/terampil.v5i1.2746

Downloads

Published

2023-10-12