BENTUK PENERAPAN PEMBELAJARAN BERORIENTASI HOTS PADA SISWA KELAS V DI MII WIRODITAN

Authors

  • Inarotuzzakiyatid Darojah
  • Afriatun Mufidah
  • Robiyatul Adawiyah
  • Ainun Khikmah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan

Keywords:

model, pembelajaran, keterampilan, penerapan

Abstract

Pengembangan dan peningkatan kemampuan berpikir siswa atau HOTS (Higher Order Thinking Skills) merupakan salah satu tujuan utama pembelajaran di abad 21. Hots merupakan proses berpikir siswa pada tingkat kognitif yang lebih tinggi yaitu kemampuan pemecahan masalah, kreativitas, keterampilan berpikir kritis, keterampilan penalaran, dan keterampilan mengambil keputusan. Diketahui bahwa penerapan kurikulum 2013 menunjukkan pentingnya penerapan hots dalam pembelajaran SD/MI. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian dalam bentuk kajian untuk melihat efektifitas penerapannya di SD/MI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat perangkat pembelajaran berbasis Hots dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dalan materi penanggulangan bencana alam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa MII Wiroditan kelas V yang terdiri 1 kelas berjumlah 35 siswa secara acak. Di MII Wiroditan, pembelajaran yang berorientasi pada hots dilaksanakan dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (Problem based Learning).
Pengumpulan data berdasarkan petunjuk wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berupa soal hots dan peningkatan kemampuan hots siswa yang dapat dilihat secara berkelompok hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran berorientasi Hots.

Downloads

Published

2023-10-12