PEMBELAJARAAN MATEMATIKA DI SD N KEMASAN BOJONG KELAS 3 DI TINGKAT HOTS

Authors

  • Ismi Aqmarina UIN K.H Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Hanindhea Rizky Khairini
  • Widhah Salmaniyah

Keywords:

Pembelajaran Matematika, Higher order thinking skills (HOTS), Sekolah Dasar Negeri

Abstract

Isi Abstark ini adalah meneliti hasil dari (1) pembelajaran di SD N Kemasan Bojong, yang meneliti terkait penerapan pembelajaran berbasis HOTS yang diterapkan pada kurikulum 2013, pada tahap persiapan pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran sudah tersusun secara lengkap dan sistematis berdasarkan buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan pembelajaran pendekatan yang digunakan dengan studen center learning (SCL) seperti diskusi kelompok, mempresentasikan hasil diskusi, Tahap evaluasi pembelajaran, soal-soal yang digunakan pada saat tes atau ujian masih terbatas pada level mengingat, walaupun sudah ada beberapa guru yang sudah menerapkan soal sampai dengan level HOTS. (2) Ditemukan beberapa kendala dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS ini, seperti guru dalam menyusun perancang dan merencanakan bagaimana sistem pembelajaran kedepanya nanti guru masih ada yang kurang faham, bahkan kesulitan untuk menerapkan pembelajaran berbasis HOTS ini, juga dikarenakan beberapa faktor seperti sarana dan prasarana sekolah yang kurang memadai, dan kurangnya guru dalam memahami dalam tingkat pemahaman peserta didik. Solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariatif, edukatif, serta memotvasi siswa agar meningkatkan minat belajar siswa agar tidak cepat bosan dan bahkan mudah untuk memahami apa yang diterangkan oleh guru, apalagi seperti mapel Matematika yang mengharuskan guru agar bagaimana caranya agar murid mudah dalam memahami penjumlahan, pembagiam, perkalian, besaran-besaran, dan rumus-rumus yang
sudah ditentukan agar memudahkan peserta didik dalam memahami dan mendalami apa yang sudah diajarkan guru.

Downloads

Published

2023-10-12