INOVASI MODEL PEMBELAJARAN PADA SD TINGKAT RENDAH

Authors

  • Nala Anjani
  • Malisatul Mubajah
  • Nasywa Huwaida UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Bunga Ayu

Keywords:

Inovasi, Media Pembelajaran, Tingkat Rendah

Abstract

Pada proses belajar mengajar diperlukan adanya inovasi pembelajaran agar pembelajaran berjalan lebih efektif, inovatif, dan interaktif. Inovasi pembelajaran dapat mengurangi faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, salah satunya yakni proses pembelajaran yang kurang bervariatif dan kurangnya daya tarik siswa untuk menjalani pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan secara ekstensif dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengeksplorasi terkait pentingnya inovasi pembelajaran pada Sekolah Dasar khususnya di tingkat rendah. Sedangkan tujuan secara spesifik penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menelaah penggunaan berbagai media pembelajaran di SDN Kwayangan Kedungwuni tingkat rendah dari kelas 1 hingga 3 sebagai inovasi pembelajaran sehingga mendorong siswa agar aktif serta solusi untuk kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terdapat hasil bahwa setelah menggunakan berbagai media
pembelajaran, pembelajaran menjadi lebih efektif danmeningkatnya minat belajar serta memicu munculnya kreatifitas siswa.

References

Akmal, Jondri, dan Mars. 2021. Inovasi Ala Jondri. Jakarta: Guepedia.

Primasatya, Nurita, dan Mukmin, Bagus Amirul. 2020. Pengembangan MultimediaInteraktif Macromedia Flash Berbasis K-13 sebagai Inovasi Pembelajaran Tematik untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 5(2): 212-213.

Setyosari, Punaji. 2014. Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran. 1(1): 24.

Magdelena, Ina, dkk. 2020. Pembelajaran Inovatif dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas 1 SD Negeri Pangadegan 2. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. 2(3): 381.

Sugesti, Nur Idayani. 2020. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Kelas Rendah pada Matematika. SHEs: Conference Series. 3(4): 716-717.

Prasrihamni, Mega, dkk. 2022. Inovasi Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Riset Pendidikan Dasar. 5(1): 83-87.

Sasmita, Eli. 2022. Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4(3): 5545-5549.

Marisa, Mira. 2020. Inovasi Kurikulum "Merdeka Belajar" Diera Society 5.0. Jurnal Sejarah Pendidikan dan Humaniora. 4(1): 66-78.

Downloads

Published

2023-08-01