METODE PEMBIASAAAN TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA EMPAT BAHASA DI SD PLUS AL-BURHAN BUARAN

Authors

  • Nurul Athiyah UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan
  • Nala Ni'matul Maula
  • Nur Avihani

Keywords:

pendidikan bahasa, metode pembiasaan, program sekolah

Abstract

Persaingan global yang semakin mendorong seluruh elemen termasuk pendidikan untuk berjibaku meningkatkan soft skill peserta didik demi terwujudnya generasi muda yang progresif. Salah satu soft skill yang harus dimiliki adalah kemampuan berbicara sehingga lebih mudah berkomunikasi dengan lingkup global. Penelitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini difokuskan pada para peserta didik SD Al- Burhan Buaran yang merupakan objek utama pendidikan. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan penghambat atau kendala dari salah satu program yang diterapkan di SD Al-Burhan Buaran yaitu program pembiasaan empat bahasa. Hasil penelitian ini adalah proses pelaksanaan pembiasaan dalam percakapan sehari-hari dengan empat bahasa yaitu Sabtu berbahasa Arab, Minggu berbahasa Inggris, Senin dan Selasa berbahasa Indonesia, serta Rabu dan Kamis berbahasa Jawa sudah diimplementasikan dengan baik. Pelaksanaan progam tersebut juga tidak menekan peserta didik dengan memberikan hukuman jika melakukan kesalahan, tetapi guru hanya meminta peserta didik mengulangi dengan bahasa yang benar. Pendukung pelaksanaan progam pembiasaan adalah disediakannya kamus sederhana yang dibuat oleh guru SD Al-Burhan. Program pembiasaan ini sudah berjalan sejak berdirinya SD Plus Al-burhan pada tahun 2012 hingga sekarang dengan berbagai inovasi yang kreatif sehingga hambatan-hambatan dalam pelaksanaan program ini dapat teratasi dengan baik.

Downloads

Published

2023-10-12