KEBIJAKAN POKOK DAN STRATEGI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH
Keywords:
Implementasi Kurikulum Merdeka, Kurikulum Merdeka, Madrasah Ibtidaiyah, Strategi.Abstract
Penelitian ini membahas tentang kebijakan pokok dan strategi implementasi Kurikulum Merdeka yang bisa diterapkan di madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebijakan pokok dan strategi implementasi Kurikulum Merdeka yang bisa diterapkan di medrasah, guna mewujudkan pendidikan yang bermutu sesuai tantangan perkembangan zaman. Metode penelitian yang digunakan adalah kajian pustaka yaitu meninjau berbagai referensi sebagai penunjang dan penguat data. Hasil penelitian menyebutkan bahwa terdapat kebijakan pokok dalam implementasi Kurikulum Merdeka, yakni madrasah menerapkan Kurikulum 2013 dengan melakukan kreasi dan inovasi dalam mengembangkan kurikulum operasional di masing-masing madrasah dan madrasah menerapkan Kurikulum Merdeka dengan melakukan kreasi dan inovasi dalam mengembangkan kurikulum operasional di masing-masing madrasah. Adapun strategi dalam implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah ibtidaiyah yang bisa diterapkan adalah melakukan pelatihan mandiri di lembaga baik melalui Platform Merdeka Mengajar maupun dengan mendatangkan narasumber Kurikulum Merdeka, menyusun kurikulum opersional madrasah, menyusun perencanaan pembelajaran dan asesmen serta perangkat ajar, menyiapkan strategi pendamping implementasi Kurikulum Merdeka seperti pembelajaran berdiferensiasi, penguatan kemitraan dengan orang tua, dan penguatan moderasi beragama. Dapat disimpulkan bahwa kebijakan pokok dan strategi implementasi Kurikulum Merdeka di madrasah merupaka bukti bahwa kurikulum bersifat
dinamis. Artinya, kurikulum selalu berubah bergantung pada kebutuhan peserta didik dan tuntutan perkembangan zaman.
References
Ainia, Dela Khoirul. 2020. Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, Vol 3 No 3. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525.
Aisyah, S., Arisanti, K., & Yaqin, F. A. (2023). Adaptasi dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9 (1), 386–393. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4583.
Anas Anas, Akhmad Zaenul Ibad, Nova Khairul Anam, & Fitri Hariwahyuni. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Madrasah Ibtidaiyah (MI) (Studi Analisis Kebijakan KMA RI No. 347 Tahun 2022). Journal of Creative Student Research, 1 (1), 99–116. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/jcsr/article/view/1043
Apriatni, S., Novaliyosi, N., Nindiasari, H. ., & Sukirwan, S. (2023). Analisis Kesiapan Madrasah dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka (Studi di MAN 2 Kota Serang). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6 (1), 435-446. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i1.1399.
Cerelia, dkk. (2021). Learning Loss Akibat Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Indonesia. Pada Prosiding Nasional Departemen Statistika FMIPA Unpad. Bandung: Universitas Padjajaran.
Direktorat KSKK Madrasah Dirjen Pendis Kemenag RI. 2022. Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah.
Erdiansyah, Joharni, & Era kartikasari Ariani. (2022). Problematika Madrasah Pilot Project Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022 – 2023 di Madrasah Aliyah se- Kabupaten Musi Banyuasin. HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education, 2(2), 121–134. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/HJIE/article/view/6277.
https://psp-web.pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/#/home
Kemdikbud, 2019. Mendikbud Tetapkan Empat Pokok Kebijakan Pendidikan “Merdeka Belajar”. Siaran Pers No. 408.sipres/A5/3/XII/2019.
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/mendikbud-tetapkan-empat- pokok-kebijakan-pendidikan-merdeka-belajar
Kemdikbud, 2020. Belajar di Komunitas Praktisi. Keputusan Mendikbud Ristek Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Keputusan Mendikbud Ristek Nomor 262/M/2022 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Keputusan Menteri Agama Nomor 347 Tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah.
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 719 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pelaksanaan Kurikulum Pada Satuan Pendidikan Dalam Kondisi Khusus.
Masnun, M. (2023). Kesiapan Madrasah Ibtidaiyah dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Cahaya Mandalika, 4 (1), 235-246. https://doi.org/10.36312/jcm.v4i1.1327
Nazir, M. 2003. Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Nugraha, Tono Supriatna. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran. Inovasi Kurikulum 19 (2), 251-262. https://doi.org/10.17509/jik.v19i2.45301.
Nurhayati, P., Emilzoli, M., & Fu’adiah, D. (2022). Peningkatan Keterampilan Penyusunan Modul Ajar Dan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6 (5), https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.10047.
Paparan Kemdikbudristek. (2021a). Merdeka Belajar Episode Ketujuh; Program Sekolah Penggerak.
Paparan Kemdikbudristek. (2021b). Merdeka Belajar Episode Kelima Belas; Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar.
SK Dirjen Pendis Nomor 3811 Tahun 2022 tentang Madrasah Pelaksana Kurikulum Merdeka Tahun Pelajaran 2022/2023.
Swandari, N., & Jemani, A. (2023). Mitra Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah dan Problematikanya. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 7(1), 102–120. https://doi.org/10.32616/pgr.v7.1.439.102-120.
Tsania, F. Q. P., & Surawan, S. (2022). Analisis Kesiapan Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka Di Madrasah Ibtidaiyah Manbail Futuh Jenu. Prosiding SNasPPM, 7(1), 513–517.
Tyler, Ralp W. 1969. Basic Principles of Curriculum and Instruction. USA: The University of Chicago Press.
Wahyudi, M. F., & Harris, T. (2022). Manajemen Strategi Dalam Peningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah Pada Masa Penerapan Kurikulum Merdeka di MTs. - MA Sunan Ampel Kebet Lamongan. CAHAYA KAMPUS, 2(1), 22–38. https://journal.unigres.ac.id/index.php/CahayaKampus/article/view/2483
Zakiyah, N., & Achadi, M. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Piloting MIN 2 Bantul Yogyakarta. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 7 (2), 229-238. https://doi.org/10.48094/raudhah.v7i2.221
Zed, Mestika. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.