INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN INQUIRY BASED LEARNING PADA SISWA KELAS 4 MADRASAH IBTIDAIYAH
Keywords:
Inovasi Pembelajaran, Inquiry Based Learning, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengidentifikasi inovasi pembelajaran inquiry based learning pada siswa kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah. Model pembelajaran inquiry based learning bertujuan memperoleh informasi dengan melakukan observasi atau eksperimen untuk mencari jawaban atau menyelesaikan masalah terhadap pertanyaan atau rumusan masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir kritis dan logis. Langkah-langkah inquiry based learning meliputi penyajian fenomena, melakukan observasi, merumuskan masalah, mengajukan hipotesis, mengumpulkan data, menganalisis data dan menyimpulkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini adalah MIS Kertoharjo dengan subjek penelitian kepala sekolah dan guru kelas. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara kepala sekolah dan guru kelas. Dalam penerapan pembelajaran inquiry based learning guru kelas memiliki andil yang besar pada pelaksanaan pembelajaran. Salah satu penerapan inquiry based learning di MIS Kertoharjo
ada di dalam mata pelajaran IPAS. Salah satu penerapanya adalah mengamati proses terjadinya fotosintesis pada tumbuhan. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penerapan inovasi pembelajaran inquiry based learning di MIS Kertoharjo dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman belajar peserta didik.